Top News :
Home » » Para Ulama’ Besar dan Habaib serta Ratusan Warga Hadiri Haul ke-2 KH. Zuhri Maksudi

Para Ulama’ Besar dan Habaib serta Ratusan Warga Hadiri Haul ke-2 KH. Zuhri Maksudi

Posted on Wednesday, 17 February 2016 | garis 20:38


Balikpapan, Muslimedianews ~ Pada 13 Februari 2016, Yayasan Pondok Pesantren Walisongo Pontianak bekerjasama dengan Iksawa (Ikatan Santri Alumni Walisongo) untuk kedua kalinya mengadakan haul KH. Zuhri Maksudi (Pendiri Pondok Pesantren Walisongo Pontianak) di lapangan Pon-Pes Walisongo, yang beralamatkan di Jalan Ampera, Kota Baru Pontianak.

Dihadiri Habaib dan para ulama’ besar dari dalam negeri dan luar negeri serta ratusan warga juga terlihat memadati seluruh lapangan Pon-Pes Walisongo Pontianak ini.

Acara dimulai tepat waktu pada jam 20.00 WIB. Yang diawali dengan pembacaan Surah Yasin dan dilanjutkan dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh seorang habib dari Kota Pontianak. 

Sambutan pertama dimulai oleh Gus Moh. Fahmi Mubaroq Azzuhri, putra ketiga dari KH. Zuhri Maksudi dan Nyai Hj. Mustamirrah Arrahbini, kemudian dilanjutkan ceramah oleh penceramah pertama yakni Syeich Moral Al-Rachid (Dosen STAI Internasional Imam As-Syafi’i dari Damaskus, Syria). Beliau menyampaikan ceramahnya dengan berbahasa Arab yang diterjemahkan langsung oleh KH. Yahya Al-Mutamakkin. Dalam ceramahnya, beliau menyampaikan bahwa acara Haul sangat baik dilaksanakan karena Haul tujuannya pun baik yakni untuk mengenang perjuangan dan jasa dari tokoh yang dihauli terhadap umat dan agama. Haul ini pun bukan perkara bid’ah atau perkara penambah syari’at, sebab peringatan haul dilaksanakan pertama kalinya oleh sahabat dekat Nabi, Abu Bakar Ash-Shiddiq dan dilanjutkan oleh sahabat-sahabat yang lain. 

Ceramah kedua disampaikan oleh Buya Yahya (Pimpinan LPD Al-Bahjah Cirebon), inti dari ceramah beliau adalah bahwa tiga hal yang harus kita lakukan untuk membahagiakan orang yang telah meninggal dunia, yakni  mendo’akannya, memberikan sedikit harta kita kepada orang lain dengan menghadiahkan pahala itu kepadanya, dan melanjutkan kebaikan kepada orang yang dahulu telah diperlakukan baik olehnya. 

Selanjutnya, ceramah yang terakhir disampaikan oleh KH. Yahya Al-Mutamakkin (Pimpinan Ma’had Madinah Al-Munawwaroh, Semarang), beliau menyampaikan bahwasanya ada tiga hal yang harus kita lakukan agar kita bahagia hidup di dunia dan kelak kita akan meninggal dalam keadaan khusnul khatimah, yakni pertama banyak membaca istighfar, kedua banyak membaca shalawat dan yang ketiga banyak bersedekah. 

Beruntungnya, acara ini berjalan sangat lancar, sesuai dengan apa yang telah panitia harapkan. Tidak ada kendala satupun dalam pelaksanaan. “Alhamdulillah, acara ini lancar, dengan dihadiri oleh semua tamu undangan dan lapangan ini pun penuh dengan keramaian, semuanya barokah dari abah kami Abah Zuhri Maksudi”, kata salah satu panitia.





Oleh : Putriana/ Ahmad Fauzi Muliji.



Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News