Top News :
Home » » Milad YPI RJ Mengadakan Seminar Pendidikan Menjawab Krisis Kepemimpinan

Milad YPI RJ Mengadakan Seminar Pendidikan Menjawab Krisis Kepemimpinan

Posted on Tuesday, 15 March 2016 | garis 07:09

MuslimediaNews.com ~ Keprihatinan terhadap perkembangan kepemimpinan nasional dan daerah dengan fenomena budaya korupsi, kepedulian sosial menurun kepedulian sosial,  dan berbagai perkembangan social, budaya dan politik  di tanah air ini tanpa mengacu pada pada nilai-nilai budaya dan agama. Yayasan Pendidikan Islam RaudhatulJannah (YPI-RJ) yang bergerak dalam bidang pendidikan merasa prihatin dan turut mencarikan solusi dalam mempersiapkan generasi mendatang yang lebih baik melalui treatment pendidikan yang lebih baik. Disamping telah mempersiapkan Visi 25 tahun, “Pusat Gerakan Dakwah Pendidikan Islam yang Terorganisir dan Sistemik dalam Pembibitan Pemimpin Ummat Islam  yang berkesejahteraan”, juga tetap melakukan kajian-kajian mendalam dan konprehensif.  Salah satunya kegiatan Seminar kali ini ini mencari formulasi program unggulan pendidikan menengah dengan menghadirkan pembicara: Prof.Drs.Rusdi,M.A, Ph.D mantan Atase Pendidikan RI di Malaysia dan Guru Besar UNP, DR. Efrinaldi, M.Ag Pakar Politik Islam dan Dekan I Fakultas Syari’ah IAIN Imam Bonjol, Drs.H. Asra Faber, MM Kepala Kementrian Agama Kota Payakumbuh unsur pemerintah dan Ersis Warman, Kepala SMA Islam RJ yang sedang menerapkan Konsep Pendidikan Leadership School. Kata Ultra Ketua YPI RJ dalam pembukaan Seminar yang diadakan di GOR Muhammad Yamin, SH Payakumbuh, 27 Pebruari 2016.

Prof. Drs. Rusdi, MA, Ph.D dalam seminar melihat manusia berkualitas tersebut secara menurut Al Quran harus memenuhi empat hal. Pertama, Kualitas Beriman. Dengan iman, jelas orientasi hidupnya, ia berbuat sesuatu itu hanya mengharapkan Ridha Allah dan meninggikan kalimatillah. Kedua adalah kualitas intelektual dan juga harus ditopang menguasai dua bahasa asing.  Dengan bahasa akan memudahkan generasi ke depan untuk berintegrasi dengan bangsa asing. Ketiga adalah kualitas sosial. Hal ini akan menentukan posisi dan peran ia di tengah masyarakat. Dan ke empat adalah kualitas amal sholeh. Amalan-amalan yang ia kembangkan bukan sebatas amalan individual, tetapi juga amalan dalam konteks komunal dan sosial.  Keempatnya saling terkait. Di samping ia mempunyai kearifan lokal dimana pemimpin di Minangkabau Ditinggikan sarantiang, didahulukan salangkah; Disambah dilahia, manyambah di batin;Taluak sebagai timbunan kapa; Bukik timbunan kabuik; Kusuik kamanyalasaikan; Ilang kamancari, tabanam ka manyilami, anyuik ka maminteh.

Di sisi lain DR EfrinaldiM.Ag pada ; Pertama, tidak hanya sekedar memberikan pencerahan peserta didik tetapi juga harus melibatkan semua pihak  yang terdapat dalam dunia pendidikan.Kedua, ummat Islam harus dapat beramal ma’ruf nahi munkar dengan adanya kekuasaan/kepemimpinan untuk mengubah semua lini kehidupan sesuai dengan peran masing-masing. Ketiga, Pendidikan harus mengarahkan kepada keilmuan, ketauhidan, kesyariahan, dan tasawuf yang akan melahirkan pendidikan yang diharapkan. Dan keempat, Berbahasa yang baik dalam mendidik jelas sasaran dan tujuannya, santun, lemah-lembut dan menjadi uswatun hasanah.

Sedangkan Drs. Asra Faber, MM mengatakan program pendidkan yang akan datang dibutuhkan program keagamaan yaitu : Membetulkan pemahaman akidah siswa, peningkatan pemahaman dan pengamalan syari’at isam yang benar ( fiqih ), peneladan atau akhlakul karimah, penguasaan hukum-hukum bermu’amalah seperti: pernikahan,jual beli /ekonomi  yang benar, dan pembekalan makna Jihad dan Hudud yang benar.

Ersis Warman, S.HI mengemukakan  program yang telah di lakukan di SMA RJ khususnya yang berkaitan dalam mempersiapkan bibit pemimpin bangsa yang harus beriman, berakhlak mulia dan unggul dari berbagai bidang. Seorang pemimpin itu harus unggul dalam bidang tertentu. Usaha tersebut sudah diraih oleh SMA Raudhatul Jannah dengan memenangkan berbagai lomba baik tingkat lokal, regional dan tingkat nasional. Bahkan Siswa SMA RJ telah menjadi pembicara dan duta untuk tingkat Asean.

SMA RJ dalam menjawab persoalan bangsa tersebut memulai dengan tiga solusi. Pertama melalui pendekatan Ilahiah yaitu bagaimana membuat siswa tersebut a) berintegrasi dengan Al Qur’an dengan program “One Day One Line, One Day One Juz, Halaqoh dan Weekend Tahfidzul Qur’an. a) b.shalat dzuhur, ashar ,jum’at berjamaah. c) Tahajjud  call. Kedua program Uswatun Hasanah yaitu bagaimana membuat siswa agar menjadi teladan bagi yang lain melalui peraihan berbagai prestasi.  Ke depan dengan visi RJ maka akan dilakukan peningkatan khususnya dalam kepemimpinan melalui pembinaan kepemimpinan dan organisasi, pengembangan intelektual, ketangkasan/kreatifitas,  dan program interaksi dengan masyarakat. Kata putra asal Sarik Laweh.

Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, S.Sos juga memberikan apresiasi dalam Milad dan Seminar tersebut dengan mengatakan Pemerintah Kabupaten siap menerima pengembangan YPI Raudhatul Jannah. Karena ia melihat yang telah dilakukan oleh RJ perlu diberikan apresiasi dalam memajukan ummat Islam.  Sosok pendirinya almarhum H. Thamrin Manan, SH adalah seorang guru dan tauladan dalam memajukan masyarakat di Sumatera Barat. Ia berpikir danberbuat melebihi zaman dan waktunya. Perjuangan beliau perlu dilanjutkan dan kembangkan dan kabupaten Limapuluh Kota masih luas untuk merealisir cita-cita sesepuh YPI.

Walikota Payakumbuh yang diwakili oleh Asisten III Drs. Ikbal barmawi dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara mengemukakan pemko memberikan apresiasi dan perhatian serius terhadap perkembangan pendidikan yang dilakukan oleh YPI Raudhatul Jannah. Komitmen tersebut tercermin dari flatform anggaran bidang pendidikan kota.  Kita menginginkan agar program pendidikan berbasis keislaman ditingkatkan agar siswa memiliki akhlakulkarimah.

Pemberian Reward

YPI Raudhatul Jannah memberikan reward kepada guru dan pegawai berprestasi. Kali ini untuk PAUD Islam RJ diberikan Efnita Yeni, S.Pd. Untuk SD Islam RJ diungguli oleh Wisna Yunita, S.Pd. Untuk SMP Islam RJ dimenangkan oleh Ronaldi Zamora, M.Si. SMA Islam RJ diraih oleh Hasan Asyari, S.PdI. Untuk pegawai yayasan berprestasi adalah Atrizal. (Akmal Thulas)


Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News