BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Monday, July 04, 2016

Ciri-Ciri Khawarij

Muslimedianews.com ~ Tulisan sederhana ini, dimaksudkan untuk menjelaskan apa itu khawarij dan bagaimana ciri khas mereka.

Khawarij adalah kelompok yang menyatakan diri berlepas dari faksi Ali bin Abu Thalib dan faksi Mu'awiyah bin Abu Sufyan, dalam perebutan kekuasaan. Pada mulanya, mereka adalah pendukung kekhalifahan Ali bin Abu Thalib, yang ikut memerangi Muawiyah karena dianggap memberontak terhadap kekuasaan yang sah.

Dukungan itu diberikan dengan keikutsertaan mereka di dalam Perang Shiffin. Di tengah peperangan, faksi Muawiyah bin Abu Sufyan menawarkan gencatan senjata, setelah mengangkat mushaf Al-Qur'an sebagai tanda perdamaian. Ali melihat tawaran itu sebagai solusi atas jalan buntu yang dihadapi. Sikap Ali yang mau berdamai dengan pemberontak itu ternyata tidak disepakati oleh sebagian pendukungnya. Mereka pun menyatakan diri keluar dari barisan Ali. Tidak sampai di situ, mereka pun menyatakan menolak berbaiat kepada Mu'awiyah yang ternyata berhasil "memenangkan" proses arbitrase untuk menjadi khalifah.

Sikap keluar dari faksi Ali dan menolak naiknya Muawiyah itu menyebabkan mereka dinamakan khawarij (para pembelot/orang yang keluar dari kelompok). Pasca perpisahan dari faksi Ali, kelompok khawarij ini membangun komunitas dan sistem nilai sendiri. Menurut mereka, kekacauan politik di tubuh umat Islam ini disebabkan oleh perilaku politik lima orang, yaitu Usman ibnu Affan, Aisyah bintu Abu Bakar, Ali ibnu Abu Thalib, Muawiyah ibnu Abu Sufyan, dan Amru ibnu al-Ash. Terutama kepada Ali bin Abu Thalib, kebencian kaum khawarij kepadanya sangatlah besar. Mereka menghukumi Ali sebagai kafir (keluar dari ajaran Islam) karena telah keliru berijtihad yaitu menerima tawaran sama dari Muawiyah.

Berikut ciri khas Khawarij, yang saya kutip dari tulisan Syaikh Dr. Muhammad Abou Zahrah:

1. Menganggap kafir pelaku dosa besar
2. Membenci tampilnya suku Quraisy sebagai pemimpin
3. Membenci Ali dan keturunannya
4. Bersikap keras di dalam menegakkan hukum Allah.
5. Kebanyakan dari mereka adalah orang yang rajin membaca Al-Qur'an dan mewajibkan pelaksanaan sholat malam, seperti yang dituturkan oleh Abdullah bin Abbas.
6. Memahami dalil agama secara tekstual semata...

Wallahu a'lam

Ust. Abdi Kurnia Djohan

« PREV
NEXT »

No comments