Top News :
Home » , » Fakta Tentang Kata 'Sayyidina' untuk Nabi Muhammad SAW

Fakta Tentang Kata 'Sayyidina' untuk Nabi Muhammad SAW

Posted on Monday, 4 July 2016 | garis 08:58

Muslimedianews.com ~ Kata 'Sayyidina' sudah bisa diucapkan oleh umat Islam ketika menyebut Nabi Muhammad Saw, maupun para sahabat Nabi. Sayyid artinya pemimpin, Tetapi, ada sebagian umat Islam yang begitu alergi dengan ungkapan 'Sayyidina', puncaknya seorang ustadz Wahhabi mengatakan bahwa kata itu bisa merendahkan Nabi Muhammad SAW.

Tentu, ustadz wahhabi itu jelas keliru karena bertentangan dengan fakta, baik dari al-Qur'an dan Sunnah, maupun praktek para ulama.

Berikut beberapa fakta tentang kata 'Sayyid'

1. KATA SAYYID DISEBUTKAN DALAM QUR'AN

فَنَادَتْهُ الْمَلآئِكَةُ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي فِي الْمِحْرَابِ أَنَّ اللّهَ يُبَشِّرُكَ بِيَحْيَـى مُصَدِّقاً بِكَلِمَةٍ مِّنَ اللّهِ وَسَيِّداً وَحَصُوراً وَنَبِيّاً مِّنَ الصَّالِحِينَ
Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakariya, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab (katanya): "Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang puteramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi SAYYID, menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang saleh". (QS. Ali Imran 3: 39)

2. NABI MUHAMMAD SAW ADALAH SAYYID

Nabi Muhammad SAW juga menggunakan kata Sayyid, sebagaimana sabda beliau Saw:

أَنَا سَيِّدُ النَّاسِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
"Aku adalah sayyid (pemimpin) umat manusia kelak di hari kiamat" (HR. Al Bukhari)

3. SAHABAT MENGUCAPKAN KATA 'SAYYID' DAN ULAMA WAHHABI MENSHAHIHKANNYA

Ibnu 'Umar ra. (sahabat) sudah bisa memakai kata Sayyid. Disebutkan didalam hadits yang dinilai shahih oleh ulama Wahhabi Al-Albani.

(حديث ابن عمر: ” أنه كان إذا دعى ليزوج قال: الحمد لله وصلى الله على سيدنا محمد , إن فلانا يخطب إليكم فإن أنكحتموه فالحمد لله وإن رددتموه فسبحان الله ” (2/145) . * صحيح. أخرجه البيهقى (7/181)
Hadis Ibnu Umar bahwa jika beliau diundang untuk menikahkan, beliau berkata: “Segala puji milik Allah. Rahmat Allah semoga dihaturkan pada Sayyidina Muhammad. Sungguh fulan melamar pada kalian. Jika kalian menikahkam maka alhamdulillah. Jika kalian menolak maka subhanallah” (Dikeluarkan oleh al-Baihaqi). Syaikh Albani: “SAHIH” (Irwa’ al-Ghalil fi Takhrij Manar as-Sabil, 6/221)

Apakah Ibnu Umar yang disebut oleh Nabi sebagai Rajulun Sholih ini orang yang merendahkan Rasulullah shalla Allahu alaihi wa sallama?

4. IBNU TAIMIYAH JUGA PAKAI KATA SAYYID

Banyak ulama menggunakan kata 'Sayyid', tetapi kadang tidak dianggap oleh kelompok yang tidak mau pakai kata Sayyid. Biasanya kelompok tersebut sangat "menyukai pendapat" Ibnu Taimiyah. Tetapi Ibnu Taimiyah sendiri, yang dijuluki oleh Salafi-Wahabi dengan sebutan Syaikhul Islam (Guru besar umat Islam) berkali-kali menyebut Sayidina Muhammad. Apakah Syaikhul Islam ini merendahkan Rasulullah shalla Allahu alaihi wa sallama?

5. ULAMA WAHHABI PAKAI KATA SAYYID

Syaikh Bin Baz, Mufti Arab Saudi juga berkali-kali menyebut Sayidina Muhammad dalam Fatawanya. Apakah mufti ini merendahkan Rasulullah shalla Allahu alaihi wa sallama?. Melihat kenyataan ini, wahhabi di Indonesia nampaknya "lebih Wahhabi" daripada Wahhabi di Arab Saudi sana. Maksud dari "Lebih Wahhabi" tentunya adalah tidak lebih pintar dari wahhabi yang di Saudi.

Jika ulama panutan Salafi menyebut Sayidina, lalu para pengikutnya di Indonesia melarang, Anda lebih percaya yang mana?

Oleh : Ibnu L' Rabassa
Disarikan dari tulisakan Ust. Ma'ruf Khozin dan lainnya



Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News