Top News :
Home » , » Adab Murid terhadap Gurunya (Kitab Manhajus Sawi)

Adab Murid terhadap Gurunya (Kitab Manhajus Sawi)

Posted on Sunday, 28 August 2016 | garis 17:42

Muslimedianews.com ~ Terdapat dalam atsar ucapan berikut, “Pelajarilah ilmu. Dan pelajarilah untuk ilmu itu ketenangan dan kewibawaan. Bertawadhu’lah kepada orang yang engkau belajar darinya (guru).” Imam an-Nawawi mengatakan, “Seorang murid semestinya bersikap tawadhu’ dan beradab kepada gurunya meskipun gurunya lebih muda usianya, lebih tidak terkenal, lebih rendah nasabnya, dan lebih sedikit kebaikannya. Maka dengan ketwadhu’annya dia akan memehami ilmu.”

Para ulama mengatkan dalam sebuah sajak:

الْعِلْمُ حَرْبٌ لِلْفَتَى الْمُتَعَالِيْ # كَالسَّيْلِ لِلْمَكَانِ الْعَلِيْ

“Ilmu itu memusuhi pemuda yang tinggi hati. Sebgaimana banjir memusuhi tempat yang tinggi.”

Imam Ali bin Hasan Alattas mengatakan, “Sesungguhnya pencapaian dari ilmu, pemahaman dan cahaya (tersingkapnya hijab) adalah bergantung pada ukuran adab terhadap guru. Sebagaimana besarnya ukuran (adab) pada dirimu, demikian pula ukuran itu di sisi Allah, tanpa diragukan lagi.”

Beliau juga mengatakan, bahwa al-Amin dan al-Ma’mun, dua putra Harun ar-Rasyid, saling berlomba untuk meraih sandal guru mereka, al-Kisai, agar dapat memakaikan sandal itu pada gurunya. Maka berkatalah guru mereka, “Masing-masing memegang satu.”

Di dalam hadits dikatakan, “Ayahmu ada tiga; ayah yang menjadi penyebab kelahiranmu, ayah yang menikahkanmu dengan putrinya, dan ayah yang mengajarimu dialah yang paling utama.”

Saya (Habib Zein bin Smith) katakana, bahwa menegenai hal itu ada yang mengtaakan:

أُقَدُِمُ أُسْتَاذِيْ عَلَى بِرِّ وَالِدِيْ # وَاِنْ كَانَ لِيْ مِنْ وَالِدِيْ الْبِرُّ وَالْعَطْفُ
فَهَذَا مُرَبِّيْ الرُّوْحِ وَالرُّوْحُ جَوْهَرُ # وَهَذَا مُرَبِّيْ الْجِسْمِ وَهْوَ لَهَا صَدْفُ

“Aku dahulukan guruku disbanding bakti kepada ayahku, sekalipun kudapatkan kebaikan dan kasih saying dari ayahku. Yang ini pendidik jiwaku, dan jiwa adalah permata. Dan yang itu pendidik tubuhku, dan ia bagai kerang baginya..”

Al-Imam asy-Sya’rani mengatakan, “Telah sampai kepada kami dari Syaikh Bahauddin as-Subki yang mengatakan, ‘Ketika aku sedang menaiki kendaraan bersama ayahku, yakni Syaikhul Islam Taqiyyuddin as-Subki, di suatu jalan di negeri Syam, tiba-tiba dia mendengar seorang petani Syam mengatakan, ‘Aku pernah bertanya kepada al-Faqih Muhyiddin an-Nawawi tentang masalah ini dan itu.’ Maka turunlah ayahku dari kudanya dan mengatakan, ‘Demi Allah, aku tidak akan mengendarai tunggangan sementara orang ini –yang matanya pernah memandang Muhyiddin- berjalan!’ Kemudian dengan bersumpah kepada Allah meminta petani tersebut untuk mengendarai kuda, sedangkan dirinya berjalan sampai memasuki negeri Syam.”

Kemudian Imam asy-Sya’rani mengatakan, “Begitulah wahai saudaraku, para ulama berlaku terhadap guru-guru mereka meskipun dia tidak menjumpainya karena datang beberapa tahun setelah kematiannya.”

Saya (Habib Zein bin Smith) berkata bahwa yang diriwayatkan oleh Imam as-Subki pula adalah ketika beliau mengunjungi Darul Hadits yang dinisbatkan kepada Imam an-Nawawi yang terletak di kota Damaskus, beliau melepas bajunya dan menempelkan badannya di sana sambil mendendangkan syair:

وَفِيْ دَارِ الْحَدِيْثِ لَطِيْفُ مَعْنًى # اِلَى بَسْطٍ لَهَا أَصْبُوْ وَآوِيْ
لَعَلِّيْ أَنْ أَمَسَّ بِمُرِّ وَجْهِيْ # مَكَانًا مَسَّهُ قَدَمُ النَّوَاوِيْ

“Di Darul Hadits terdapat makna yang lembut. Pada hamparannya aku merunduk dan tersungkur. Barangkali wajahku yang berdosa ini menyentuh tempat yang bersentuhan dengan telapak kaki an-Nawawi.”

(Sumber kitab: Al-Manhaj as-Sawiy, karya al-Allamah al-Muhaqqiq ad-Da’I Ilallah al-Habib Zain bin Ibrahim bin Smith, (terj. hlm. 178-180 jilid 1). Edisi terjemahan berjudul “Thariqah Alawiyah; Jalan Lurus Menuju Allah”).

§  Harga Buku: Thariqah Alawiyah Jalan Lurus Menuju Allah (Terj. Manhajus Sawi) = Harga asli Sepaket (2 jilid)* Rp. 270.000. Diskon 10% = Rp. 243.000.- (Belum termasuk ongkos kirim). Lokasi pengiriman dari Buaran Pekalongan.
§  Cara Pemesanan sangat mudah, cukup tulis: NAMA LENGKAP – ALAMAT LENGKAP – NOMOR HP AKTIF. Kirim melalui komentar, inbok atau di CP: 085774858808 (SMS), 083861381266 (WA), dan D0D2F3D5 (BB). (Akun Fb: Syaroni As-Samfuriy).

*Ket.: Jilid 1 (tebal 435 halaman): Rp. 145.000. Jilid 2 (tebal 420 halaman): Rp. 125.000 (Harga asli sepaket (2 jilid): Rp. 270.000). Diskon 10%, jadi hanya = Rp. 243.000,- Saat ini hanya ada 21 Paket. Dikirim serempak hari Senin besok. Buruan pesan sekarang supaya kebagian.


Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News