BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Friday, November 04, 2016

Banser Pilih Kerjakan Amaliyah Aswaja daripada Ikut Demo

Jombang, Muslimedianews ~ Gerakan Pemuda Ansor Jombang memastikan kader dan anggotanya tidak ada yang berangkat ke Jakarta untuk ikut aksi demonstrasi, Jumat (4/11).  Namun demikian, dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) hendaknya segera diproses sesuai hukum yang berlaku.

Penegasan ini disampaikan Ketua GP Ansor Jombang Jawa Timur, Zulfikar Damam Ikhwanto. "Kader Ansor dan Banser tidak ada yang berangkat ke Jakarta demi mengikuti demonstrasi 4 November," katanya, Kamis (3/11) petang di kantornya. Justru sejumlah kader akan mengerjakan amaliyah Ahlussunnah waljamaah dengan berdoa, membaca shalawat, istigatsah demi bangsa Indonesia agar lebih baik, lanjutnya.

Bagi Gus Antok, sapaan akrabya, kepada masyarakat yang melakukan demonstrasi agar mengedepankan persatuan dan kesatuan, serta menjaga kebhinekaan. "Upaya-upaya memecah persatuan Indonesia harus kita tangkis bersama," terangnya.  Dan kalaupun melakukan demonstrasi hendaknya tetap menjaga suasana kondusif, tidak melakukan tindakan anarkhis, serta berdemo secara santun demi menjaga keutuhan NKRI.

Ia menandaskan, boleh saja melakukan demonstrasi untuk menyuarakan aspirasi. "Namun sebagai Muslim dan warga negara Indonesia, hendaknya hal tersebut dilakukan dengan cara yang santun," pesannya.

Pesan Gus Antok, saat melakukan demo hendaknya tidak dengan menyampaikan ujaran kotor dan umpatan yang justru merusak tata nilai sebagai orang beragama. "Tetap menjaga kerukunan dan saling menghormati, mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai masyarakat yang mejemuk terdiri dari berbagai suku, ras, dan agama," tandasnya.

"Kita serahkan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan saudara Ahok kepada kepolisian sesuai dengan aturan hukum yang berlaku," katanya.

Baik Ansor dan Banser mendukung fatwa MUI Pusat dan hasil musyawarah ulama, tokoh masyarakat, dan  juga para kiai di Jombang beberapa waktu lalu agar kasus Ahok diproses sesuai mekanisme hukum yang ada di Tanah Air. (Ibnu Nawawi/Zunus)

sumber nu.or.id
« PREV
NEXT »

No comments