Top News :
Home » , , , , , » Foto: Awan Mendung Menaungi Massa Demo Membentuk Lafadz ALLAH

Foto: Awan Mendung Menaungi Massa Demo Membentuk Lafadz ALLAH

Posted on Friday, 4 November 2016 | garis 18:16


Jakarta, Muslimedianews ~ Hari ini, Jum'at, 4 November 2016, berbagai elemen umat Islam berkumpul di Jakarta untuk menggelar demonstrasi yang disebutnya sebagai "Aksi Bela Islam II". Dikatakan aksi para pendemo ini adalah menuntut penegakan hukum terhadap Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang dianggap menistakan agama.

Di saat aksi demo, tersebar berita yang menghebohkan bahwa ada awan mendung bertuliskan lafadz Allah menyelimuti massa aksi para pendemo di Jakarta. Salah satunya disebarkan oleh kelompok yang mengaku NU Garis Lurus (NUGL). 

Admin NUGL dalam postingan di halaman fansapagenya mengatakan ada awan mendung yang menaungi massa aksi demo. Awan mendung yang katanya bersumber dari foto amatir itu seolah-olah membentuk lafadz ALLAH. Fenomena aneh ini membuat admin NUGL terkagum dan spontan berteriak lantang ALLAHU AKBAR.

"Awan Mendung Manaungi massa membentuk lafdhul jalalah الله. (foto amatir). Kebetulan? Allahu Akbar...", tulis Admin NUGL, Jum'at (4/11/2016).

Tak ayal, berbagai reaksi dan komentar pun ditulis, diantaranya:

"Hujan mulai turun, malaikat mikail, memberikan rizki&hujan, dan diberikan kesempatan berdoa, inshaallah allah&para malaikat mendengarnya,",

"Masya Allah langit dan bumi serta seisinya mendukung jihad ini dan Allah pun in shaa Allah ridho :')",

"4+11+20+16= 51 Al Maidah 51 Bagaimana bisa kebetulan kalau daun yang jatuh pun direncanakan olehNya", 

Dan juga komentar, "Tanda2 yg demo di bawah lindungan Alloh SWT,masha Alloh"

Tidak hanya itu, komentar lain dari orang yang membagikan (share) pun bermunculan, seperti:

"Laa Tahzan Walaa Takhofu Innalloha Ma'anaa ALLOHU AKBAR!!!",

"Masya Allah... ",

"Subhanalloh",

Dan juga komentar: "Wahai saudaraku ternyata awanpun bersama menyaksikan belamu terhadap agamamu Maha besar Alloh Meskipun para pendusta agamamu mencibirmu Dan tuhanmu meridhoi dan melihat ketulusanmu Berjuang wahai pembela alquran".

Pertanyaanya benarkah ada foto awan mendung yang menaungi massa demo yang berbentuk lafadz Allah sebagaimana klaim NUGL? 

Kami selaku Admin Muslimedianews mencoba menelusuri kebenaran berita foto tersebut. Pertama, kami menggunakan aplikasi online reverse image dari beberapa penyedia untuk mengetahui sumber asal muasal gambar tersebut. Ini adalah salah satu cara termudah atau boleh dikatakan cara bodoh untuk mengetahui suatu gambar itu asli, editan, atau palsu dan dariman sumbernya. Hasilnya adalah nihil. Kami belum menemukan apapun terkait foto tersebut. Dugaan foto itu hoax/ palsu/ bohong untuk sementara tersingkirkan. Ada kemungkinan foto tersebut memang benar.

Kemudian kami melakukan penelusuran lebih lanjut. Kali ini kami menggunakan aplikasi yang mampu menganalisa metadata gambar baik secara online maupun offline. Aplikasi ini mampu menganalisa metadata gambar seperti JFIF, IPTC, ICC Profile, dan lain sebagainya. Sehingga jauh lebih baik dan lebih terpercaya ketimbang metode pertama di atas. 

Dari hasil analisa gambar secara online melalui FotoForensics didapatkan data sebagai berikut:

FileFile Type JPEG
File Type Extension jpg
MIME Type image/jpeg
Current IPTC Digest 27b9c3bf04c78aea75d81a8ead3b15a1
Image Width 680
Image Height 383
Encoding Process Progressive DCT, Huffman coding
Bits Per Sample 8
Color Components 3
Y Cb Cr Sub Sampling YCbCr4:2:0 (2 2)

JFIFJFIF Version 1.02
Resolution Unit None
X Resolution 1
Y Resolution 1

IPTCOriginal Transmission Reference sQHlbvfZc-C7OFxDkxx1
Special Instructions FBMD01000ab9030000060c00005c0d0000830d0000a90d0000d80d00000e13000046160000bb1700006a1900002e2c0000

ICC_ProfileProfile CMM Type lcms
Profile Version 2.1.0
Profile Class Display Device Profile
Color Space Data RGB
Profile Connection Space XYZ
Profile Date Time 2012:01:25 03:41:57Profile File Signature acsp
Primary Platform Apple Computer Inc.
CMM Flags Not Embedded, Independent
Device Manufacturer Device Model Device Attributes Reflective, Glossy, Positive, Color
Rendering Intent Perceptual
Connection Space Illuminant 0.9642 1 0.82491
Profile Creator lcms
Profile ID 0
Profile Description c2
Profile Copyright FB
Media White Point 0.9642 1 0.82491
Media Black Point 0.01205 0.0125 0.01031
Red Matrix Column 0.43607 0.22249 0.01392
Green Matrix Column 0.38515 0.71687 0.09708
Blue Matrix Column 0.14307 0.06061 0.7141
Red Tone Reproduction Curve (Binary data 64 bytes)
Green Tone Reproduction Curve (Binary data 64 bytes)
Blue Tone Reproduction Curve (Binary data 64 bytes)

CompositeImage Size 680x383
Megapixels 0.26
JPEG last saved at 71% quality (JPEG Standard)

Dari hasil analisa data secara offline menggunakan software didapatkan data yang hampir sama persis (bisa dikatakan 100% sama), seperti pada gambar berikut:


Dari data tersebut, apa yang didapatkan dan apa artinya?. Bingung? 

Mari kita lihat satu saja data tersebut. Lihat data ICC Profile gambar pada bagian Profile Date Time (lihat yang dicetak tebal warna merah). Data Profile Date Time adalah data yang menunjukan waktu dan tanggal kapan gambar foto itu diambil atau dibuat. Berdasarkan hasil analisa baik secara online maupun offline didapatkan hasil Profile Date Time yang sama persis, yaitu:

Hasil online: Profile Date Time 2012:01:25 03:41:57.

Hasil offline:


Ini artinya, gambar tersebut diambil pada tanggal 25 Januari 2012, pukul 03:41 waktu setempat. Tempat pengambilannya dimana? Kami tidak tahu tempatnya, bisa jadi di Indonesia ataupun di luar negeri. Yang jelas foto tersebut dibuat pada 25 Januari 2012.

Dari data ini saja kita bisa tahu bahwa foto klaim awan mendung yang menaungi massa aksi demo yang disebarkan oleh Admin NUGL adalah HOAX alias PALSU atau BOHONG. Karena foto gambar tersebut diambil pada tanggal 25 Januari 2012, bukan tanggal 4 November 2016 sebagaimana diposting oleh Admin NUGL (sesuai tanggal postingan).

ALHASIL: FOTO AWAN MENDUNG MENAUNGI MASSA DEMO MEMBENTUK LAFADZ ALLAH YANG DISEBARKAN OLEH ADMIN NUGL ADALAH HOAX, PALSU, DUSTA, DAN BOHONG.

Jadi, kami himbau kepada siapapun khususnya umat Islam agar tidak menyebarkan berbagai berita hoax dan berhati-hati atas penyebaran berita-berita hoax yang bertebaran di dunia maya. Tinggalkan cara-cara licik seperti yang dilakukan Admin NUGL. Jangan kotori agama Islam yang mulia ini dengan oknum-oknum yang mengatasnamakan Islam tapi justru suka menebar beita bohong dan palsu. 

Aksi dusta dan bohong yang dilakukan NUGL juga terkuak pada beberapa waktu lalu sebelum aksi demo 4 November 2016. NUGL dalam fanspagenya tidak malu-malu menggunakan foto acara Habib Umar bin Hafidz sewaktu di Masjid Istiqlal untuk menebar kebohongan. Bersyukur, aksi bohong dan penipuan yang dilakukan NUGL terbongkar sehingga tidak banyak umat Islam yang dibohongi. Lihat postingan sebelumnya di sini: NU Garis Lurus sebarkan Hoax Jelang Demo 4 November.

Berbagai aksi tebar hoax terkait demo 4 November juga banyak berseliweran di mana-mana. Dan lagi-lagi anehnya berita hoax tersebut justru banyak disenangi umat Islam pengguna sosial media. Terbukti ribuan orang ikut-ikutan membagikan berita hoax yang tidak jelas itu. Silahkan baca postingan kami sebelumnya: Hoax Jelang Demo Aksi Bela Islam 4 November.

Bahkan penyebaran berita hoax yang mirip dengan foto hoax yang dilakukan oleh NUGL pun juga ada versi lainnya. Dikatakan ada awan bertuliskan lafadz ALLAH di langit Jakarta.

"TEPAT DI JUM'AT, 4 NOV 2016, BARU SAJA TERLIHAT AWAN BERLAFADZ ALLAH DI LANGIT JAKARTA YANG SEMPAT TERABADIKAN", bunyi berita hoax yang banyak tersebar di Facebook.

Padahal, kalau kita mau meneliti, sedikit bersabar dan tidak mudah kagetan maka akan tahu apakah itu benar atau bohong. Caranya sama seperti yang dilakukan di atas sebelumnya. Hasilnya foto awan lafadz ALLAH tersebut dapat ditemukan di blog-blog lain, seperti postingan Blog Suka Berita tertanggal 19 Agustus 2016 di sini: http://sukaberita.net/kuasa-allah-telah-terlihat-awan-kalimah-allah-di-langit-silahkan-share-semoga-jadi-nilai-ibadah-aamiin/. Dari sini saja sudah cukup membuktikan bahwa foto tersebut hoax, palsu, dusta dan bohong. Kalau mau detail lagi, kita bisa menganalisa metadata gambar, JFIF, IPTC, ICC Profile, dan lain sebagainya. Dan ternyata foto awan tersebut diambil pada 27 Maret 2009, artinya sudah bertahun-tahun lalu. Selain itu foto gambar tersebut juga editan, tetapi tidak mengguakan Photoshop, pakai aplikasi lain.



Allah Ya Karim, selamatkan dan lindungi kami, umat Islam dan muslimin Indonesia serta muslimin di manapun berada dari berbagai fitnah yang merajalela di akhir zaman ini. 





Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News