BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Wednesday, November 09, 2016

Kirim Pahala Boleh, Bisakah Kirim Dosa ke Mayyit?

Muslimedianews.com ~ Menghadiahkan pahala atau mengirimkan pahala bacaan tertentu kepada orang yang sudah meninggal didalam Islam diperbolehkan. Menurut ulama, pahala bisa sampai dan bermanfaatka kepada mayyir (orang yang meninggal).

Tetapi ada sebagian pihak yang tidak percaya dengan hal tersebut. Bagi mereka yang tidak percaya sampainya pahala kepada Mayit sering berargumen sebagai bentuk penolakan: "Kalau kirim pahala dapat sampai kepada mayit, berarti kita bisa kirim dosa kepada mayit dong?".

Retorika akal-akalan ini terbatahkan dengan jawaban ulama ahli hadis ketika menjelaskan hadis anjuran bersedekah makanan atas nama mayit [baca berkat] berikut:

(ﻛﺎﻥ ﺇﺫا ﺫﺑﺢ اﻟﺸﺎﺓ ﻳﻘﻮﻝ ﺃﺭﺳﻠﻮا بها ﺇﻟﻰ ﺃﺻﺪﻗﺎء ﺧﺪﻳﺠﺔ)
Dari Aisyah: "Jika Nabi menyembelih kambing, beliau bersabda: "Hantarkan (daging) kambing ini kepada teman-teman Khadijah" (HR Muslim). Dan Sayidah Khadijah saat itu sudah wafat.

Ahli hadis Syekh Abd Rauf al-Munawi berkata:

ﺻﻠﺔ ﻣﻨﻪ ﻟﻬﺎ ﻭﺑﺮا ﻭﺇﺫا ﻛﺎﻥ ﻓﻌﻞ اﻟﺨﻴﺮ ﻋﻦ اﻟﻤﻴﺖ ﺑﺮا ﻓﺎﻟﺴﻮء ﺿﺪ ﺫﻟﻚ ﻭﺇﻥ ﻛﻨﺎ ﻻ ﻧﻌﺮﻑ ﻛﻴﻔﻴﺘﻪ ﻭﻻ ﻳﻀﺮﻧﺎ ﺟﻬﻠﻨﺎ ﺑﻜﻴﻔﻴﺔ ﺫﻟﻚ ﺑﻞ ﻋﻠﻴﻨﺎ اﻟﺘﺴﻠﻴﻢ ﻭاﻟﺘﺼﺪﻳﻖ
"Nabi melakukan hal itu sebagai bentuk ikatan dari Nabi untuk Khadijah dan berbuat kebaikan. Jika melakukan kebaikan atas nama mayit adalah sebuah kebajikan, berbuat buruk atas nama mayit adalah sebaliknya. Meski kita tidak tahu cara berbuat buruk atas nama mayit. Tidak mengapa kita tidak mengetahui caranya. Kita berkewajiban menerima dan membenarkan" (Faidl al-Qadir Syarah al-Jami' ash-Shaghir 5/133)


Kita Tidak Diajarkan Kirim Dosa Untuk Mayit
Oleh : Ust. Muhammad Ma'ruf Khozin,
Nara sumber Hujjah Aswaja Tv9

« PREV
NEXT »

No comments