Top News :
Home » » Nama Malaikat Maut adalah Izrail

Nama Malaikat Maut adalah Izrail

Posted on Sunday, 6 November 2016 | garis 07:51

Muslimedianews.com ~ Salah satu fungsi guru disamping pencurah ilmu adalah sebagai pencerah hikmah kepada muridnya. Seorang murid suatu kali akan berpapasan dengan semangat menggebu dalam perjalanan menuntut ilmu. Menggebu, sehingga cenderung terlalu mudah membenarkan, atau terlalu cepat menyalahkan. Maka disitulah fungsi pencerahan guru untuk memberikan keseimbangan pada diri muridnya. Lalu bayangkan jika tidak punya guru. Atau punya guru namun tidak seperti berguru.

Malaikat maut, atau yang familiar dengan nama Izrail sering diingkari tentang penamaannya sehingga terkadang yang menyebut Izrail dianggap mengada-ada.

Selayaknya kita punya sikap pertengahan. Tidak mengingkari penamaan Izrail, ataupun memastikan namanya adalah Izrail.

Ibnu Katsir:

وأما ملك الموت فليس بمصرح باسمه في القرآن، ولا في الأحاديث الصحاح، وقد جاء تسميته في بعض الآثار بعزرائيل (البداية والنهاية)
"Nama malaikat maut tidak dijelaskan di dalam al-Qur'an maupun hadis-hadis shahih. Namun dalam sebagian riwayat memang disebutkan dengan nama Izrail"

Karena memang ada indikasi sumbernya berasal dari israiliyat. Lalu bagaimana sikap kita jika itu israiliyat? Rasulullah bersabda;

لا تصدقوا أهل الكتاب ولا تكذبوهم وقولوا آمنا بالله وما أنزل إلينا (رواه البخاري)
"Jangan serta merta membenarkan atau mendustai berita dari ahlul kitab. Cukup katakan, kami beriman kepada Allah dan yang diturunkan kepada kami"

Mengapa?
Al-Hafizh Ibnu Hajar menjelaskan;

ولا تكذبوهم ـ أي إذا كان ما يخبرونكم به محتملاً لئلا يكون في نفس الأمر صدقا فتكذبوه، أو كذباً فتصدقوه فتقعوا في الحرج. (فتح الباري)
"(Jangan kalian dustai), maksudnya jika khabar dari mereka itu ternyata benar adanya lalu kalian terlanjur mendustainya, atau sebaliknya ternyata tidak benar namun kalian terlanjur membenarkannya, maka artinya kalian jatuh pada kesalahan".

Oleh karenanya, untuk penamaan malaikat maut ini dengan nama izrail, tawaqquf saja, sembari mengimani perannya sebagai Malakul Maut

Wallahu A'lam

Ust. Zul Ashfi War Raihan
اللهم اختم أجلنا بحسن الخاتمة
Sebuah refleksi terhadap pic di bawah ini


Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News