Top News :
Home » , » 'Wujudkan Al-Qur’an Berjalan'

'Wujudkan Al-Qur’an Berjalan'

Posted on Wednesday, 2 November 2016 | garis 22:34

Oleh: Ainun Zahra Rosyad*

Al-Qur’an termasuk mukjizat Allah yang diturunkan kepada nabi terakhir yakni Nabi Muhammad SAW. Dan segala yang ada dalam Al-Qur’an adalah benar adanya. Al-Qur’an adalah mukjizat yang istimewa isinya terdapat tentang apa yang terjadi pada masa lampau, hari ini, dan masa yang akan datang. Semua telah tercantum dalam Al-Qur’an. Segala sesuatu yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Sebab itu mengapa Rasulullah disebut sebagai Al-Qur’an berjalan atas sikap dan sifatnya lah merupakan bentuk aplikasi dari Al-Qur’an. Tidak jarang banyak umat muslim yang mengidolakan Beliau dan megharapkan mempunyai kesamaan terhadap perilaku, sifat, dan sikap yang sama seperti Rasulullah.

Setiap umat muslim pasti menginginkan hal yang baik, menjadi manusia yang jauh dari dosa dan siksa yang pedih dari Allah. Maka seharusnya itu bukan lagi dijadikan sebagai harapan karena itu yang harus dijadikan tujuan dari hidup. Rasulullah yang merupakan contoh dari isi Al-Qur’an tersebut memiliki hasil yang baik dan tidak ada yang perlu diragukan lagi. Hal itu harus menjadi motivasi terhadap umat muslim dimanapun bahwa Al-Qur’an bukan hanya sesuatu yang dibaca namun mengamalkannya lah jauh lebih penting. Ketika seseorang memahami makna dan kandungan dari Al-Qur’an maka secara otomatis apa yang ada di dalam diri kita akan di senangi oleh orang lain.

Berproses menjadi tujuan utama ketika akan melangkah lebih jauh. Proses yang membawa kita kepada apa yang harus dilakukan, dan bagaimana cara mewujudkannya dengan cara yang nyaman dan tidak ada rasa terbebani. Berproses bukanlah hal mudah karena menjadi bagian jatuh-bangunnya seseorang dan diujinya keseriusan dalam hal mencapai tujuan tersebut. Karena ketika kita berproses maka perubahanlah yang akan kita hadapi. Berubah yang awalnya jauh dari Allah lalu menjadi sangat dekat dengan Allah, dan proses itu harus dihadapi dan dijalani dengan seikhlasnya. Dimulai dengan niat karena Allah maka berproseslah lalu tunjukkan perubahan.

 Ketika mengenal sosok Rasulullah akan ada banyak hal yang membuat terkagum-kagum pada beliau. Seperti yang beliau ajarkan lewat hal penaklukan kota Mekkah. Para ahli sejarah mengatakan bahwa penaklukan kota mekkah adalah satu-satunya penaklukan tanpa adanya pertumpahan darah sedikitpun. Beda halnya penaklukan pada masa perang dunia atau masa penjajahan. Semua masa tersebut menggunakan senjata yang paling ampuh dan paling hebat pada masa itu. Rasulullah lah yang membebaskan kota mekkah dari masa jahiliyah dan membebaskan orang-orang musyrik dari hal-hal yang kejam layaknya seorang pemimpin yang memiliki ambisi penuh terhadap kekuasaan yang di peranginya. Betapa Rasulullah menunjukkan Agama Islam bukan lah agama yang selalu menyelesaikan apapun dengan perang dan Islam adalah agama yang mencintai perdamaian selalu menebarkan kasih sayangnya terhadap sesama manusia.

Hal itu salah satu contoh bagi umat muslim untuk memiliki pribadi yang cinta akan kedamaian dan kasih sayang terhadap sesama. Memperlihatkan bahwa marah, benci, dendam bukan hal yang pantas dimiliki oleh umat Islam. Kalaupun banyak yang membenci dan memusuhi umat muslim, menyelesaikannya dengan menegakkan agama Allah adalah hal yang utama. Mengutamakan “nyawa di balas dengan nyawa” bukan karakter sesungguhnya dari Islam.

Berbicara mengenai tentang membentuk pribadi dari pengaplikasian Al-Qur’an maka keimanan di dalam diri umat muslim itu menjadi faktor utama dalam mencapai sebuah tujuan. Dengan memperbaiki kualitas keimanan maka akan semakin timbul hubungan cinta dengan Allah SWT. Menjadikan ukhuwah semakin kuat dan rapat, keimanan menjadikan tolak ukur bagi setiap umat muslim tentang kecintaan terhadap Agama Islam, Allah, dan Rasulullah. Dengan mempelajari secara mendalam terhadap Al-Qur’an dan Sunnah Rasul.

Keimanan menjadi unsur pertama dalam berbenah diri. Namun untuk melakukan pembenahan terhadap diri sendiri niat yang menjadi utama dalam segalanya. Selanjutnya adalah motivasi bagaimana mewujudkan pribadi seperti apa yang Allah SWT wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW yaitu Al-Qur’an. Motivasi menajadi cara yang sangat mendukung dalam pembenahan diri, ketika seorang berniat melakukan perubahan terhadap dirinya, harus lah ada motivasi di dalam diri dan keyakinan bahwa diri seorang tersebut dapat mencapi tujuan yang ia harapkan tanpa adanya paksaan dan rasa kesombongan. Sebab ketika kita melakukan perubahan harus berdasarkan kepada Allah bukan karna ingin dilihat oleh orang lain.

Hasil tidak akan pernah mengkhianati proses. Kalimat tersebut tidak asing bagi sebagian masyarakat, menjalani proses untuk mencapai suatu tujuan pasti akan merasakan kepedihan dalam proses. Namun apa yang akan di dapat setelah berperih pasti akan membuat kepuasan tersendiri. Mendapatkan manfaat yang luar biasa tandingannya. Dengan membentuk pribadi ‘Al-Qu’ran berjalan’ akan mendapatkan manfaat yang baik seperti halnya membuat diri seorang menjadi sabar. Menyelesaikan masalah tidak dengan emosi. Ketika seseorang meminta kepada Allah SWT namun belum terwujudkan, sabarlah yang harus dilakukan. Ketika Allah SWT sedang menguji seseorang, maka bersabarlah. Sabar adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan, percayalah hasil dari kesabaran akan berbuah yang manis.

Melakukan perubahan harusl diri sendiri yang memulai. Dan harus dilakukan karena Allah semata, bukan karena orang lain melihat kita adalah pribadi yang baik. Dan memperlihatkan diri kita haus akan pujian. Membentuk pribadi seperti Rasulullah adalah sesuatu yang sulit tapi bukan berarti kita tidak bisa mencapainya.

 Berniatkan karena Allah SWT dan bentuk sebagai kecintaan terhadap Allah SWT maka apa yang akan kita jalani akan semakin mudah. Dan Allah SWT pasti akan selalu bersama orang-orang yang berjihad di jalan Allah SWT. Maka bentuklah dan niatkanlah pribadi yang Rasulullah contohkan, maka kebahagiaan dunia dan akhirat akan terpenuhi.

*Oleh: Ainun Zahra Rosyad

Mahasiswa Ilmu komunikasi – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta


Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News