Top News :
Home » » Kenapa Dinamai Ibnu Hajar Anak Batu

Kenapa Dinamai Ibnu Hajar Anak Batu

Posted on Friday, 21 April 2017 | garis 23:03

Muslimedianews.com ~ Sebab atau Alasan Dinamakan atau Disebut Ibnu Hajar Putra Batu atau Anak Batu

Imam Ibnu Hajar al-Asqalani, seorang ulama bermadzhab Syafi'i sekaligus bergelar Amirul Mukminin fil Hadits (pemimpin ulama didalam bidang hadits). Beliau merupakan ulama besar yang karangannya menjadi rujukan umat Islam.

Diantara kitabnya adalah Fathul Bari syarah Shahih al-Bukhari, Bulughul Marami min Adillatil Ahkami, Tahdzib At-Tahdzib, Lisanul Mizan, dan lain sebagainya.


Imam Ibnu Hajar lahir di kota Kairo Mesir pada 23 Sya'ban 773 Hijriyah. Didalam aqidah, Imam Ibnu Hajar adalah seorang Asy'ari (pengikut madzhab Asy'ariyah). Beliau wafat tahun 852 Hijriyah.  

Secara lengkap nama beliau adalah :

أحمد بن علي بن محمد بن محمد بن علي بن محمود بن أحمد بن أحمد بن الكناني العسقلاني ثم المصري الشافعي
Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Mahmud bin Ahmad bin Ahmad bin Al-Kinani Al-Asqalani al-Mishri al-Syafi'i

Al-Asqalani adalah nisbat pada sebuah tempat bernama Ashkelon atau Ashqelon atau Ascalon, sebuah kota di Palestina, yang saat ini merupakan sebuah kota di Israel. Kota ini terletak di pesisir Laut Tengah selatan Ashdod dan di utara Jalur Gaza.


Ashkelon
Al-Kinani, sebuah kabilah di  Ashkelon.

Al-Syafi'i, nisbat sebagai pengikut madzhab Syafi'i.

Al-Mishri, nisbat pada tempat kelahirannya yaitu Mesir.

Yang menarik dari beliau adalah sebutan Ibnu Hajar, yang berarti putra Batu atau anaknya Batu. Didalam kitab-kitab karya Ibnu Hajar yang dicetak, biasa ditulis

 أحمد بن علي بن محمد بن أحمد بن حجر العسقلاني
Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Hajar al-Asqalani. 
 

Berkaitan dengan nama Ibnu Hajar tersebut, seorang Muarrikh (ulama ahli sejarah) Ibnul 'Imad al-Akari didalam kitab Syadzarat Dzahab menjelaskan bahwa nisbat Ibnu Hajar (putra dari Batu) adalah sebuah nisbat kepada kakek daripada kakek-kakek Imam Ibnu Hajar al-Asqalani yang selalu diam, sehingga diserupakan atau bagaikan sebuah batu.
    نسبة على ما قيل إلى جد من أجداده كان ملازما للصمت فشبه بالحجر
Ada pula yang mengatakan bahwa Hajar adalah sebutan (laqab) dari  seorang kakeknya . Artinya Ibnu Hajar sebenarnya berarti putra atau keturunan dari orang yang selalu banyak diam (tidak banyak berbicara), bagaikan sebongkah batu yang selalu diam. 

Penulis : Ibnu L' Rabassa

Share this post
:
Comments
0 Comments

Post a Comment

 
Konten boleh dicopy dan disebarkan untuk dakwah | Cantumkan www.muslimedianews.com
Copyright © 2013-2014. Muslimedia News - Media Islam | Voice of Muslim - All Rights Reserved
RSS | Sitemap | MMN dan Redaksi | Disclaimer | Contact | Iklan
Support IT : MK | JT | MT and IT Muslimedia News