BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Monday, April 23, 2018

Model Adzan dan Iqamah Menurut 4 Madzhab

Muslimedianews.com Mayoritas penduduk Indonesia adalah menganut agama Islam yang bermadzhab Imam Syafi’i. Sedangkan sebagian penduduk yang lain telah menganut madzhab Imam Malik, Imam Ahmad bin Hambal atau Imam Abu Hanifah. Dan ajaran dari semua madzhab tersebut adalah benar, walau ada perbedaan pendapat di antara mereka. Karena mereka berpedoman kuat dengan alquran dan alhadist.

Adzan:
Perbedaan pendapat itu juga terjadi pada kalimat adzan dan iqomah. Lalu apakah adzan yang ada di Indonesia sudah bermadzhab Syafi’i? Sesuai dengan madzhab yang dianut oleh penduduk Indonesia. Berikut penjelasan mengenai adzan yang saya ambil dari kitab Al-Khawiya Al-Kabir, karangan Abul Hasan dan Imam Mawardi, pada halaman 42-43:

Pendapat yang pertama yaitu dari Imam Syafi’i:
قَالَ الشَّافِعِىُّ: وَيَقُوْلُ "اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ أَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ الله أَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ الله أَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ أَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ ثُمَّ يَرْجِعُ فَيَمُدُّ صَوْتَهُ فَيَقُوْلُ (أَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ الله أَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ الله أَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ أَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ) حَيَّ عَلَى الْصَلاَةِ حَيَّ عَلَى الْصَلاَةِ حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ"

Dari pendapat Imam Syafi’i tersebut jelas, bahwa jumlah kalimat adzan itu ada 19 kalimat. Yaitu dengan mengulang kedua syahadat, kedua syahadat pertama dibaca secara sirrih (pelan) dan yang kedua dibaca secara jahr (keras).

Selanjutnya yaitu pendapat dari Imam Malik:

وهومذهب مالك: أن الأذان سبع عشرة كلمة بترجيع الشهادتين لكن باسقاط تكبيرات الأربع في أوله
Berdasarkan kutipan yang ada di dalam kitab Al-Khawiya Al-Kabir halaman 42 tersebut, telah dijelaskan bahwa Imam Malik berpendapat jika kalimat adzan itu berjumlah 17 kalimat. Kalimatnya hampir sama dengan pendapat Imam Syafi’i, yaitu dengan men-tarji’ (mengulang) dua kalimat syahadat, akan tetapi menghilangkan dua kalimat takbir yang ada di awal. Jadi kurang lebih kalimat adzannya seperti berikut ini:

 اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ أَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ الله أَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ الله أَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ أَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ أَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ الله أَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ الله أَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ أَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ حَيَّ عَلَى الْصَلاَةِ حَيَّ عَلَى الْصَلاَةِ حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ"
Dan pendapat yang ketiga itu dikemukakan oleh Imam Abu Hanifah,

هومذهب أبي حنيفة أن الأذان خمس عشرة كلمة باثبات التكبيرات الأربع في أوله واسقاط ترجيع الشهادتين, فصارمالك موافقالنافي الترجيع مخالفافي التكبير, وصارأبوحنيفة موافقالنافي التكبير مخالفا في الترجيع
Abu Hanifah berpendapat, bahwa kalimat adzan itu ada 15 kalimat. Yaitu dengan tidak mengulang dua kalimat syahadat, tetapi mengulang dua kalimat takbir di awal. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah kalimat adzan dari pendapatnya Abu Hanifah:

اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ أَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ الله أَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ الله أَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ أَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ حَيَّ عَلَى الْصَلاَةِ حَيَّ عَلَى الْصَلاَةِ حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ"
Pendapat madzhab Imam Ahmad bin Hambal mengenai kalimat adzan itu sama dengan milik Imam Abu Hanifah. Dan ketika kita perhatikan kalimat adzan milik Abu Hanifah dan Ahmad bin Hambal di atas itu sama dengan yang ada di Indonesia.

Iqomah:
Lalu, bagaimanakah dengan kalimat iqomah yang ada di Indonesia? Apakah sama dengan pendapat dari Imam Syafi’i?. Berikut ini penjelasannya:

مسألة: قال الشفعي: (وَلْاِقَامَةِ فُرَادَى اِلاَّ أَنَّهُ يَقُوْلُولُ قَدْقَامَتْ الْصَّلاَةُ مَرَّتَينِ وَكَذَالِكَ كَانَ يَفْعَلُ أَبُو مَحْذُورةَ مُؤَذِّنُ النَّبِيَّ صلّى الله عليه وسلم فَاِنْ قَالَ قَا ئِلْ قَدْ أُمِرَبَلاَلٌ بأَنْ يُوتر الاقَا مَةَ قِيْلَ لَهُ فَأَنْتَ تُثَنِّي الله أكبَر آلله أكبرُ فَتَجْعَلُهَا مَرّتَيْنَ)

Dalam masalah iqomah, Imam Syafi’i berpendapat bahwa iqomah itu satu-satu kecuali pada kalimat قَدْقَامَتْ الْصَّلاَةُ itu diucapkan sebanyak dua kali, dan seperti itulah yang dilakukan oleh Abu Makhdzura (salah satu mu’adzin Nabi Muhammad). Dan Nabi juga memerintahkan kepada Bilal untuk iqomah dengan mengulang kalimat الله أكبَر sebanyak dua kali juga.

وهو مذهب الشافعي أنه فرادى الا قوله (قد قامت الصلاة) فانه يقول: مرتين فتكون احدى عشر كلمة, وبه قأل من الصحابة عمر, وابن عمر, وأنس, ومت التابعين الحسن, سيرين, ومن الفقهاء أحمد, واسحاق.
Berdasarkan hal di atas, madzhab Imam Syafi’i itu berpendapat jika kalimat adzan itu ada 11 kalimat, hal ini dikatakan oleh sahabat Umar, Ibn Umar, Anas, para tabi’in, siiriin, dan fuqoha Ahmad dan Iskhaq. Dari penjelasan ini, maka kalimat iqomahnya yang ada di Indonesia ini sama dengan Imam syafi’i. Dan Imam Ahmad bin Hambal juga berpendapat yang sama dengan Imam Syafi’i yaitu: 

اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ أَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ الله أَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ حَيَّ عَلَى الْصَلاَةِ حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ قَدْقَامَتْ الْصَّلاَةُ قَدْقَامَتْ الْصَّلاَةُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ

Kemudian, pendapat Imam Malik adalah sebagai berikut:

وهو مذهب مالك أنه فرادى مع قوله قدقامت الصلاة فيكون عشر كلمات, وبه قال الشافعي في القديم.
Yaitu pendapat madzhab Malik, bahwa iqomah itu satu-satu, termasuk juka kalimat قدقامت الصلاة, jadi total kalimatnya ada 10 kalimat. Pendapat ini sama dengan qaul qodimnya Imam Syafi’i, (karena di qaul jadidnya kalimat قَدْقَامَتْ الْصَّلاَةُ itu diulang):

اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ أَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ الله أَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ حَيَّ عَلَى الْصَلاَةِ حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ قَدْقَامَتْ الْصَّلاَةُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ
Selain Imam Syafi’i, Imam Ahmad bin Hambal, Imam Malik, Imam Abi Hanifah juga berpendapat untuk masalah iqomah.

وهومذهب أبي حنيفة: أنه مثنى مثنى كالآذان وزيادة قوله (قَدْقَامَتْ الْصَّلاَةُ ) مرتين فيكون سبع عشرة كلمة
Menurut madzhab Abi Hanifah di atas, jika kalimat iqomah itu sama dengan kalimat adzan (ada pengulangan), lalu ditambahi dengan kalimat قَدْقَامَتْ الْصَّلاَةُ . Maka kalimat iqomahnya seperti berikut ini:

اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ أَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ الله أَشْهَدُاَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ الله أَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ أَشْهَدُأَنَّ مُحَمَّدًارَسُوْلُ اللهِ حَيَّ عَلَى الْصَلاَةِ حَيَّ عَلَى الْصَلاَةِ حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِقَدْقَامَتْ الْصَّلاَةقَدْقَامَتْ الْصَّلاَة اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ


Penulis : Yuyun Rohmawati
Mahasiswa jurusan PAI UIN Malang
« PREV
NEXT »

No comments