BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Wednesday, May 02, 2018

Grand Syekh Muhammad ath-Thayeb: Al-Azhar Dukung NU Suarakan Islam Moderat


Muslimmedianews, Jakarta - Ketua Umum PBNU Prof Dr. Said Aqil Siraj, MA menggelar pertemuan dan dialog dengan Grand Syekh Al-Azhar, Ahmad Muhammad Ath-Thayeb pada Rabu sore (2/4/18) bertempat di gedung Pusat PBNU Jl. Kramat Raya Jakarta Pusat.
Salah satu poin penting dalam dialog tersebut antara lain Syekh Tayeb menyatakan bahwa Al Azhar memberi dukungan terhadap NU. Ia menyatakan, "Al-Azhar akan berada dibelakang (mendukung) NU dalam menyuarakan Islam yang moderat dan rahmat bagi semua manusia", ungkap Grand Syekh, Ahmad Muhammad Ath-Thayeb.
"Orang yang mengajak berperang bahkan membunuh sesama muslim dengan dalih jihad adalah orang yang bodoh dalam memahami Islam الجهل بالإسلام ." Sambung Grand Syekh.
Ia juga berpesan, "Jangan pernah merasa paling ahli dalam beragama lalu menganggap orang lain salah, bahkan jangan sampai menuduh kafir sesasama muslim hanya karena beda pemikiran." 
Sementara itu, ketua umum PBNU, Prof. Dr KH. Said Aqil Sirodj yang akrab di panggil kang Said, meminta umat Islam tidak mudah mengkafirkan orang lain. Menurutnya, tindakan itu merupakan kesalahan. 
"Tidak boleh mengkafirkan orang yang salat dan tidak boleh mengkafirkan orang yang melakukan dosa. Orang melakukan dosa jangan dikafirkan," ucap kiai Said menirukan ucapan Ahmad.
Ia berpesan pada pertemuan itu, "Kita harus mengajarkan anak-anak kita seperti kita, harus betul-betul beraqidah. Di mana-mana ada jamaah mengkafirkan orang lain, ini yang menimbulkan perpecahan orang Islam dengan orang Arab"
Iapun berpesan, "NU harus mampu mempersatukan umat Islam dan mampu menjadi duta persatuan," sambungnya.
Grand Syekh yang menempati peringkat pertama tokoh muslim paling berpengaruh di dunia, datang ke Indonesia dengan tujuan (salah satunya) menyatakan dukungan terhadap konsep Islam Moderat yang selama ini diperjuangkan oleh NU.  (Syarif C)
« PREV
NEXT »

No comments