BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Friday, May 04, 2018

KTT Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia Hasilkan Empat Pesan Bogor


Konferensi Tingkat Tinggi tentang Islam wasathiyah (moderat) yang diikuti oleh Ulama dan Cendekiawan muslim berpengaruh mancanegara di Bogor selama tiga hari sejak Selasa 1 Mei 2018 mengukuhkan posisi Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim yang moderat.
Tak hanya itu, pertemuan di Bogor yang diikuti ratusan ulama dan cendekiawan muslim Indonesia dan 50 lainnya dari sejumlah negara seperti Mesir, Australia, Tiongkok, Inggris, Kanada, dan Korea Selatan itu juga membuka peluang bagi menguatnya wawasan Islam moderat di tingkat global.
KTT Ulama dan Cendekiawan Muslim dunia ini telah menghasilkan empat pesan yang disebutnya Pesan Bogor atau "Bogor Messag
Adapun isi empat pesan Bogor tersebut, Pertama yakni menghidupkan kembali wacana Wasathiyah Islam sebagai pokok ajaran Islam yang meliputi tawasuth, tasamuh, i'tidal, syuro (musyawarah) dan muwathonah. Pesan kedua yakni menjunjung tinggi nilai-nilai paradigma wasathiyah islam sebagai budaya hidup secara individual maupun kolektif. Pesan ketiga, memperkuat tekad untuk membuktikan bahwa ummat islam dunia sedang mengamati paradigma Islam Wasathiyah. Keempat, mendorong negara-negara muslim dan komunitas untuk mempromosikan paradigma Wasathiyah Islam.
Pesan Bogor, menurut Din Syamsuddin, tak hanya menawarkan  Islam moderat sebagai solusi atas persoalan peradaban dunia tetapi sekaligus juga menjadi pengingat bagi umat Islam di mana pun agar mereka tak melenceng dari Islam moderat.
"Jangan terjebak dalam radikalisme, fundamentalisme, ekstremmisme. Marilah kita kembali ke wawasan yang sentral dalam Islam," katanya seusai mendampingi Jokowi menerima kunjungan Imam Besar dan Grand Syeikh Al-Azhar Ahmad Muhammad Ath-Thayeb di Jakarta, sehari sebelumya seperti diberitakan Antara.

« PREV
NEXT »

No comments