BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Tuesday, May 29, 2018

Perlunya Evaluasi atas Orientasi Dakwah Kita


Dinamika dakwah Indonesia memang selalu membutuhkan metode dan pendekatan beragam dari zaman berzaman. Selain retorika yang baik dan pribadi dai yang santun, juga dibutuhkan pula ilmu yang memadai untuk mendakwahkan Islam secara komprehenshif. Jika tidak? Bagaimana mungkin Islam menjadi rahmatal lil alamin bagi kehidupan pemeluknya maupun bagi semesta jagad raya ini.
Orang bijak berkata :"jika kamu tidak pernah berhenti mengajar, maka kamu jangan pernah berhenti belajar". Nasehat yang begitu dalam maknanya! Apa kata dunia, kalau dai rajin berdakwah dan syarat padat jadwal, tapi sudah tidak mau belajar dan menambah wawasan lagi. Padahal dengan ilmu, pengalaman dan wawasan yang kaya, dakwah akan dirasa umat lebih renyah dan bergizi. Tidak seperti kaset rusak, materi terkesan itu-itu saja tidak pernah ganti, padahal banyak sekali ajaran Islam yang perlu digali untuk perbaikan dan kemajuan umat.
Ya, orientasi dakwah harus tetap dievaluasi, agar Islam tetap eksis, menarik dan relevan terhadap perkembangan zaman. Waktu dan keadaan berubah begitu cepat. Perjalanan dakwah harus terus menyertakan ilmu yang mumpuni. Dengan ilmu yang matang, otomatis umat Islam akan tercerahkan dan maju dalam kehidupannya.
Seklumit ulasan diatas hanya menjadi catatan kecil untuk mengingatkan diri sendiri dan para penda'i dinegeri ini bahwa kita harus menjadi bagian perbaikan kualitas dakwah di Indonesia.
Setidaknya, dengan mempertajam arah materi dan pendekatan dakwah kita.
Wallahu a'lam bis showaab
Ust. Rakimin AL-Jawy
« PREV
NEXT »

No comments