BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Monday, June 11, 2018

Jihad Bukan Jahat, Jihad dalam Pandangan Fiqih

Muslimedianews ~ Akhir-akhir ini banyak aksi-aksi penyerangan dengaan mengatas namakan jihad. Hal ini berkaitan dengan aksi teror yang dilakukan para teroris dengan melakukan aksi bom bunuh diri. Kata jihad selalu saja di sandingkan dengan aksi-aksi teror yang marak terjadi. Tak peduli siapapun dan apapun agamanya yang menjadi korban dalam aksi teror tersebut.

Kata jihad sudah akrab atau banyak di dengar oleh umt islam sejak zaman nabi. Kata jihad jika di artikan mempunyai makna yang sangat luas, jihat tidak hanya di artikan sebagai “berperang di jalan allah”. Jihad (berperang)  Itu hanya dilakukan sebagai saran untuk mencapai tujuan saja. Jika ada cara lain atau tujuan tersebut bisa di capai tanpa melakukan jihad maka jihad tidak perlu dilakukan.

Syeh Zainuddin al-Malibari dalam “Fath al-Mu’in” . Terdapat beberapa point pembahasan dalam memaknai kata jihad menurut syeh zainudin al malibari yaitu, menegakkan hujjah hujjah agama,misalnya dalil yang  menerangkan keberadaan allah, para nabi dan ajaran syarak.menegakkan ilmu ilmu syarak misalnya mempelajari ilmu tafsir dan ilmu fiqh sekiranya dapat di gunakan dalam peradilan dan fatwa. menolak mudhorot yang menimpa orang muslim misalnya membantu sesama muslim yang kelaparan dan kekurangan.

Islam tidak memyerukan umatnya untuk selalu berperang fan menebar teror di muka bumi. Oleh karena itu salah jika kita memaknai jihat dengan kekerasan seperti meledakan bom di tempat tempat umum sebagaimana dilakukan oleh para teroris. Islam tidak membenarkan dengan adanya oenyerangan terhadao orang lain yang berbeda agama dengan alasan jihad

Jihad bukanlah terorisme yang merupakan musuh seluruh umat beragama. Agama islam adalah agama yang menjunjung tinggi nillai nilai kemanusiaan. Oleh karena itu umat islam tidak seharusnya terjabak dalam terorisme yang seharusnya kita lawan bersama sama. Sudah waktunya kita buktikan bahwa jihad bukanlah kekerasan. Waallahu a’lam bi sowab

 Penulis : Mahindra sanjaya Mahasiswa UIN Maliki Malang 
« PREV
NEXT »

No comments