BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Monday, June 11, 2018

Metode Pendidikan Dengan Hadits Tarbawi

MuslimedianewsPendidikan adalah pembelajaran pengetahuan ,ketrampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya memalui pengajaran, pelatihan atau penelitian.
Sedangkan Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara pendidikan adalah tuntunan didalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksutnya pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu ,agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan ,pengajaran ,dan atau latihan bagi perananya dimasa yang akan datang.
Menurut UU NO.20 tahun 2003 pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan , pengendalian diri, kepribadian ,kecerdasan , akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya , masyarakat , bangsa dan negara. Didalam pendidikan terdapat metode pendidikan
Metode adalah cara yang didalamnya merupakan alat untuk mencapai tujuan hal yang harus dalam metode adalah adanya tujuan yang hendak dicapai ,adanya aktivitas untuk mencapai tujuan .aktivitas ini terjadi saat proses pembelajaran berlangsung adanya perubahan perilaku atau tingkah laku setelah aktivitas itu dilakukan.dalam hal ini saya akan memaparkan beberapa metode pendidikan berdasarkan hadist tarbawi atau hadis pendidikan dan kontekstualisasi hadis tarbawi pada dunia pendidikan saat ini .
Hadis adalah segala tingkah laku, kesetujuan dan sabda nabi. Banyak hadis yang mengajarkan suatu materi keislaman kepada umat manusia dengan menggunakan metode tertentu kadang suatu materi disampaikan nabi Muhammad SAW dengan menggunakan metode yang berbeda dalam kondisi yang berbeda. Hal ini menunjukan betapa pentingnya metode penyampaian .bahan pembelajaran agar dapat di terima anak didik dengan baik metode pembelajaran sebagai alat mencapai suatu tujuan yang telah dirumuskan. Perumusan tujuan dengan sejelas-jelasnya merupakan persyaratan terpenting, sebelum seseorang menentukan dan memilih metode mengajar yang tepat.kekaburan didalam tujuan yang akan dicapai menyebabkan kesulitan dalam pemilih dan menentukan metode pendekatan yang tepat.
Penggunaan metode berdasarkan ajaran hadis nabi akan membantu dalampembelajaran di masa saat ini ,misal anjuran menggunakan metode Drill dan Eksperimen ,metode Tanya jawab,metode drama, metode mengulang-ulang pelajaran ,PAIKEM


  1. Metode Drill Dan Eksperimen
عن ابي هريرة ان رسول الله صلى الله علىه و سلم ذخل المسجد فدخل رجل فصلى النبي صلى الله علىه وسلم فرد وقل ارجع فصل فانك لم تصل فرجع يصلى كما صلة ثم جاء فسلم عل النبى صلى الله علىه وسلم فقل ارجع فصل فانك لم تصل ثلاثا فقال والذى بعثك بالحق ما احسن غىره فعلمنى فقال اذا قمت ال الصلاة فكبر ثم اقرء ما تىسر معك من القران ثم اركع حتى تطمعن راكعنا ثم ارفع حتى تعدل قاءما ثم اسجد حتى تطمعن جالسا وافعل ذلك فى صلاتككلها (متفق علىه)
. Terjemahan
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah SAW masuk ke masjid, kemudian ada seorang laki-laki masuk juga untuk melaksanakan shalat.setelah shalat memberi salam kepada Nabi SAW Nabi pun menjawab dan bersabda : “ulangi, maka shalatlah sesungguhnya engkau belum shalat”. Laki-laki itu mengulangi shalat sebagaimana yang telah dilaksanakan. Kemudian datang memberi salam kepada Nabi, beliau bersabda lagi :” ulangi shalatmu, sesungguhnya engkau belum shalat” sampai tiga kali. Laki-laki itu berkata :” Demi Dzat yang mengutus engkau dengan membawa kebenaran aku tidak dapat memperbaki shalat selainya, maka ajarkan lah aku. Beliau bersabda :”jika kamu berdiri akan shalat maka bertakbirlah kemudian bacalah apa yang mudah bersamamu dari pada Al-qur’an, kemudian rukuklah sehingga tenang sebagai orang yang rukuk sehingga tegak berdiri (i’tidal). Kemudin sujudlah sehingga tenang sebagai orang yang sujud benaran (thumakninah). Kemudian bangunlah dari sujud hingga tenang sebagai orang yang duduk (thumakninah) dan kerjakanlah demikian itu diseluruh shalatmu.” (HR.Bukhori dan Muslim)
Penggunaan metode drill dan eksperimen adalah satu cara yang digunakan Rasulullah dalam mengajarkan kepada para Sahabat dimana Rasulullah akan mendemostrasikan langsung pembelajaran .dan realitas pada dunia pendidikan saat ini adalah banyaknya tenaga pengajar yang menyampaikan materi pendidikan hanya menjelaskan teori tanpa ada demonstrasi penerapannya. Karena itulah pendidik dianjurkan untuk meneladani salah satu metode yang rasulullah ajarkan,agar peserta didik mampu mengoreksi dan mampu untuk membenarkan kesalahannya . kelebihan menggunakan metode ini adalah :
  1. Mendorong anak didik berfikir secara kritis
  2. Mendorong anak didik mengekspresikan pendapatnya secara bebas
  3. Mendorong anak didik menyampaikan pikirannya untuk memecahkan masalah.


Metode drama

   عن ابي هريرة رضي الله عنه قل و كلني رسول الله صلى الله علىه وسلم بحفظ زكارمضان فاتنى اتفجعل يحثو من الطعام فاخذته وقلت والله لارفعنك ال رسول الله صلى الله علىه وسلم قال انى محتاج وعلى عيل ولي حاجة شديدة قال فخلىت عنه فاصبحت فقال النبى صل الله علىه وسلم يا ابا هرىرة ما فعل اسىرك البارحة قال قلت يا رسول الله شكا حاجة شديدة وعىالا فرحمته فحليت سبىله قال اما انه قد كدبك وسىعود فعرفت انه سىعود لكول رسول الله صل الله علىه وسلم انه سىعود فرصدته فجاء يحثو من الطعام فاخدته فقلت لارفانك ال رسول الله صل الله علىه وسلم قال دعنى فانى محتاج وعلى عىل لا اعود فرحمته فخلىت سبىله فاصبحت فقال لى رسول الله صل الله علىه وسلم يا ابا هرىرة ما فعل اسىرك قلت ىا رسول الله شكا   حاجة شدىدة و عىالا فرحمته فخلىت سبىله قال اما انه قد كذبك وسعود فرصدتة الثالثة فجاء يحثو من الطعم فاخذته فقلت لارفانك ال رسول الله وهذ اخر ثلاث مرات انك تجعم لا تعود ثم تعود قال دعنىاعلمك كلمتا ينفعك الله بها قلت ما هو قال اذ اويت ال فرشىك فقرء اية الكرسي الله لاالهالاهوالحى القيم حت تحتم الاايت فانك لن يزال عبليك من الله حافظ ولا ىقربنك شيطان حتى تصبح فخلبيت سبيله فاصبحت فقال لي رسول اللهصلىاللهعليهوسلم ما فعل اسيرك البريحة قلت يا رسول الله زعم انه يعلمن كلمات ينفعنى الله بها فخليت سبيله قال ما هي قلت قال لي اذااويت الى فراشك فقرء ايت الكرسسيمن اولها حتى تختم الاية الله لاالهالاهوالحىالقيوم وقال لى لن يزالعلىك من الله حافظ ولا يقرء بك شيطان حتى تصبح وكانو احراص سىء علالخير فقالالنبي صلاللهعليهوسملم اما انه قد صدقت ك وهو كذوب تعلم من تخاطب منذ ثلاث ليل يا ( ابا هريرة قال لاقال ذاك شيطان(اخرجه البخار      
Terjemahan   
dari Abu hurairah r.a. berkata: Rasulullah SAW mewakilkan saya untuk menjaga zakat pada bulan ramadhan, kemudian ada seorang datang dan mengambil segenggam makanan maka orang itu saya tangkap dan saya berkata: “sungguh kamu akan saya laporkan kepada Rasulullah SAW”,ia berkata:sungguh saya adalah orang miskin dan saya mempunyai banyak tanggungan keluarga serta saya sangat membutuhkan makanan .”maka saya lepaskan orang itu,pagi harinya Rasulullah SAW bersabda:” wahai Abu hurairah apa yang diperbuat oleh tawanan mu tadi malam?”saya menjawab:”wahai Rasulullah ia mengeluh sangat membutuhkan makanan sedangkan ia mempunyai banyak tanggungan keluarga maka saya kasihan padanya lantas saya lepaskan”. Beliau bersabda:”sesungguhnya ia berdusta kepadamu dan ia akan datang lagi”.saya percaya ia akan datang lagi karena Rasulullah telah bersabda hal itu ,maka saya awasi dia.kemudian orang itu datang lagi dan mengambil segenggam makanan. Maka saya berkata:”sungguh kamu akan saya laporkan kepada Rasulullah SAW”.ia menjawab :”maafkan saya,sesungguhnya saya adalah orang miskin dan mempunyai banyak keluarga, saya tidak akan mengulanginya lagi”,saya pun merasa kasihan kepadanya maka saya melepaskan .pagi harinya Rasulullah SAW bertanya kepada saya :”wahai Abu hurairah apa yang diperbuat oleh tawananmu”.saya menjawab:” wahai

Rasulullah ia mengeluh sangat membutuhkan makanan sedangkan ia mempunyai banyak keluarga maka saya merasa kasihan kepadanya lantas saya lepaskan”.beliau bersabda:”sesungguhnya ia berdusta kepadamu dan ia akan kembali lagi”kemudian saya jaga

benar untuk ketiga kalinya. Tiba-tiba ia datang lagi dengan mengambil segemgam makanan maka orang itu saya tangkap dan saya berkata :”sungguh kamu akan saya laporkan kepada Rasulullah ini adalah perbuatan ketiga kalinya dimana kamu berjanji tidak akan mengulangi tetapi ternyata kamu mengulangi lagi.ia berkata:”lepaskan saya, pasti saya ajarkan beberapa kalimat yang mana allah memberi manfaat kepadamu dengannya”.sayabertanya apakah kalimat itu? Ia berkata:”apabila engkau hendak tidur maka bacalah ayat kursi yang berbunyi:”allahu la illaha illa huwal-hayyu al-qayyum.. sampai akhir ayat.maka kamu senantiasa mendapat perlindungan allah dan setan tidak akan mendekat kepadamu sampai pagi. Kemudia ia saya lepaskan. Pagi harinya Rasulullah datang bertanya kepada saya:”apa yang diperbuat oleh tawananmu tadi malam?saya menjawab:”wahai Rasulullah,ia memberitahu kepada saya beberapa kalimat yang mana allah memberi manfaat kepada saya denganya,maka saya lepaskan.beliau bertanya:”kalimat-kalimat apa itu?saya menjawab:” ia berkata kepada saya apabila kamu hendak tidur maka bacalah ayat kursi dari awal sampai akhir .dan ia berkata pula kepada saya:niscaya allah selalu memberi perlindungan kepadamu dan setan tidak akan datang kepadamu sampai pagi waktu pagi.”kemudian beliau bersabda:”sesungguhnya ia berkata benar kepadamu walaupun ia pembohong.tahukah kamu siapa yang datang kepadamu selama tiga malam itu Abu hurairah? Saya menjawab:”tidak tahu”. Beliau bersabda:”itu adalah setan”. (HR.Al-Bukhori)
Metode drama juga salah satu metode yang digunakan oleh Rasulullah untuk memberidan menyampaikan materi pembelajaran kepada para sahabat , dan dalam dunia pendidikan saat ini metode drama bisa disebut menjadi slah satu media pembelajaran. Namun pada kenyataan nya metode ini sangat jarang digunakan oleh tenaga pendidik padahal menggunakan metode drama ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah karena dapat membuat suasana pembelajaran yang berbeda dan membangkitkan semangat anak didik dalam belajar.
Kelebihan metode drama adalah :
  1. Menumbuhkan kesan yang mendalam terhadap anak didik
  2. Memotivasi anak didik untuk berbuat baik dan menjauhi hal-hal buruk
  3. Membangun sikap ,mental,akal peserta didik menjadi lebih baik
  4. Memberi pembelajaran melalui nasehat dan keteladanan
Metode mengulang-ulang pelajaran

حدثنا عبدة قال حدثنا عبد الصمد قال حدثنا عبد الله بن المثني قال حدثنا ثمامة بن عبد الله عن انس عن النبي صل الله عليه وسلم انه كان اذا سلم سلم ثلاث واذ تكلم بكلمة اعادها ثلاثا (رواه البخاري)

Terjemahan: Telah menceritakan kepada kami Abdah berkata, telah menceritakan kepada kami Abdushamad berkata , telah menceritakan kami Abdullah bin Al Mutsanna berkata: Tsumama bin Abdullah telah menceritakan kepada kami dari Anas dari Nabi shalallahualaihi wasallam apabila member salam, diucapkanya tiga kali dan bila berbicara dengan satu kalimat diulangnya tiga kali .(HR. Imam Bukhori)
Metode selanjutnya adalah dengan cara mengulang-ulang pelajaran yang sudah disampaikan Rasulullah bahkan pelajaran yang sudah pernah di sampaikan , namun jika dibandingkan dengan dunia pendidikan saat ini banya tenaga pendidik yang lebih mementingkan untuk melanjutkan pembelajaran dari pada harus mengulangnya hal ini sangatlah berbeda dengan ajaran hadis Rasulullah .padahal mengulang –ulang pembelajaran juga dianjurkan oleh Rasulullah karena akan membantu peserta didik untuk mengingat-ingat materi pembelajaran sebelumnya serta membantu peserta didik untuk lebih memahami dan menghafal materi pelajaran.
Penulis : Putri Diyah Ayu LestariMahasiswi IAIN Sunan Kudus

« PREV
NEXT »

No comments