BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Monday, June 11, 2018

Presiden Perdamaian Agama Samawi Itu Kiai NU

Muslimedianews ~ Berita hebohnya kunjungan KH. Yahya Cholil Tsaquf ke Israel, mendapat tanggapan dari DR. KHM. Luqman Hakim. Melalui Twitternya ia menulis tentang peranan KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang dulu juga pernah datang ke Israel. 

***
Siapa yang berani berdakwah di Israel kalau bukan Kyai NU.
Dulu Gus Dur malah jadi pembicara utama kongres Yahudi di Israel. Para Raby Yahudi yg hadir menitikkan airmata, Gus Dur berbicara dengan bahasa Ibrani tanpa teks. Usai bicara disambut tepuk tangan panjang bahkan terpanjang di dunia sampai15 menit. Dakwah kemanusiaan yg dahsyat.
Gus Dur di awal jadi Ketua PBNU kepergiaannya ke Israel di tentang oleh para Kyai NU sendiri justru ketika konflik Israel Palestina memanas. Efeknya mengejutkan dan positif bagi dunia Islam. Pemikirannya yang mendunia membuat dia diangkat jadi Presiden Perdamaian Agama Samawi.
Di dunia ini setelah era Al Ghazaly dan Ibnu Araby  tidak ada lagi tokoh pemikir dunia yang menjadi program jurusan di sebuah universitas terkenal kecuali Gus Dur. Di University of Pensylvannia ada Jurusan Pemikiran Abdurrahman Wahid.
Praktek Piagam Madinah di tingkat global dan nasional dewasa ini tidak lepas dari peran Gus Dur menyadarkan umat Islam dan kemanusiaan secara mondial dalam membangun peradaban dunia. Kekerasan, kebuasan, dan anti kemanusiaan adalah representasi era jahiliyah.
Kalau ada yang belum faham Piagam Madinah silakan baca kembali Tarikh Islam dan fahami dengan benar. Jika masih ada yang kontra Gus Dur dan Gus Yahya paling2 silakan. Paling keduanya hanya menjawab."Ya Allah hidayahi kaumku sesunghuhnya mereka tidak mengetahui (berpengetahuan)."
Kalau semua dilihat dari perspektif diri sendiri semua akan mengatakan "Betapa zalimnya manusia". Bila dilihat dg Kacamata Ilahi, "Ampunan dan Kasih Sayang Allah" yg menyelamatkan manusia. Manusia adalah "Keluarga Besar Allah" yg paling dicintai Allah, yg paling cinta keluarganya.
Saya pernah ngobrol dengan Gus Dur soal bgmn cara beliau men damaikan Israel-Palestina. Dan jawabannya diluar dugaan saya, sangat strategis, jenius d kultural sekali. Sebagaimana Gus Dur men damaikan Bosnia - Serbia tanpa disorot media d beres. Hmm seorang wali tak butuh narsis.

https://twitter.com/KHMLuqman
« PREV
NEXT »

No comments