BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Tuesday, July 03, 2018

Do'a Menjenguk Orang Sakit dan Terjemahannya

Muslimedianews.com ~ Do'a Ketika Menjenguk Orang Sakit berdasarkan hadits berikut:

بسم الله الرحمن الرحيم

كتاب الطب
باب كَيْفَ الرُّقَى 

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ صُهَيْبٍ قَالَ قَالَ أَنَسٌ يَعْنِي لِثَابِتٍ "أَلَا أَرْقِيكَ بِرُقْيَةِ رَسُولِ اللَّهِ قَالَ بَلَى قَالَ فَقَالَ اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَأْسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إِلَّا أَنْتَ اشْفِهِ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا." 
(رواه أبو داود)

Artinya:
Dari Abdul Aziz bin Shuhaib berkata: "Anas berkata kepada Tsabit, "Maukah aku ruqyah engkau dengan ruqyah yang dilakukan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?" Tsabit menjawab, "Ya." Anas lalu mengucapkan, "ALLAAHUMMA RABBAN NAASI, MUDZHIBIL BA`SI ISYFI ANTA ASY SYAAFII LAA SYAAFIYA ILLAA ANTA ISYFIHI SYIFAA AN LAA YUGHAADIRU SAQAMAN (Ya Allah, Tuhan manusia, Penghilang penyakit, sembuhkanlah. Engkau adalah Pemberi kesembuhan, tidak ada yang dapat menyembuhkan kecuali Engkau. Sembuhkanlah dia dengan kesembuhan yang tidak meninggalkan efek sakit)". 
H.R. Abu Daud (w. 275. H.)

Istifadah:
Mengunjungi orang yang sakit termasuk salah satu hak seorang muslim dengan muslim lainnya.

Disunnahkan bagi seorang muslim yang menjenguk untuk menenangkan orang yang sakit, membantu meringankan penderitaannya, mengingatkannya tentang pahala dari Allah bahwa sakit itu akan menghapus dan membersihkan dosa, serta mendo'akannya.

Salah satu do'a yang diajarkan Rasulullah SAW adalah sebagaimana Hadits di atas.

[Lembaga Kajian dan Riset Rasionalika Ahlussunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyah (NU) || Darus Sunnah]
« PREV
NEXT »

No comments