BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Friday, July 13, 2018

Maraknya Artis Hijrah Apakah Cermin Meningkatnya Islam Ultra Konservatif?

Beberapa waktu terakhir, jagat hiburan mulai diramaikan dengan cerita banyaknya selebriti yang tampil lebih religius dan tertarik mendalami ilmu agama. Banyak selebriti yang dulunya sering tampil seksi, kini memilih untuk berjilbab dan menutup semua auratnya, yang paling anyar adalah Nikita Mirzani yang tampil sebagai presenter sebuah stasiun televisi di pagi hari.
Keseriusan untuk mendalami ilmu agama bahkan membuat beberapa selebriti ini memilih untuk meninggalkan dunia hiburan, dan berfokus untuk hijrah. Kegiatan yang mereka lakukan sendiri cukup beragam, seperti rutinnya mengikuti ceramah agama, dan mengikuti aksi kemanusiaan.
Sederet artis wanita lainnya juga sudah mantap berhijrah seperti di antaranya: Laudya Cynthia Bella yang merupakan artis yang baru saja menikah pada tahun 2017 kemarin, Dewi Sandra yang memutuskan berjilbab setelah memikirkannya selama satu tahun, Alyssa Soebandono yang berjilbab setelah menikah dengan Dude Harlino pada tahun 2014 lalu, juga ada Mulan Jameela istri dedengkot group musik Dewa 19 yang juga aktif dalam gerakan 212, juga ada Ineke Koesherawati yang merupakan artis bintang film tahun 80-90an.
Selain artis wanita yang telah disebut di atas, juga ada Shireen Sungkar yang merupakan istri dari Teuku Wisnu, ada juga Jihan Fahira, Tika Ramlah, dan masih banyak artis wanita maupun orang-orang di seputar keartisan yang memutuskan pilihan dengan sebutan ‘hijrah’.
Tak kalah dengan para artis wanita, banyak juga artis dan selebriti pria yang memutuskan hijrah dari dunia hiburan, sebagai bintang film dan acara-acara yang dianggap sebagai sumber kemaksiatan. Sebutlah Primus, Mario Irwinsyah, Arie Untung, Ricky Harun, Ifan Seventeen, Dimas Seto, Dhini Aminarti, Tommy Kurniawan, Virgoun, Sahrul Gunawan, Babe Cabita, Dude Harlino, Alyssa Soebandono.
Selain para artis pria di atas, juga ada Reza yang merupakan mantan drummer Noah, juga ada Sakti mantan gitaris Sheila On 7 yang mengubah namanya menjadi Salman Al Jugjawy, juga ada Danny mantan vokalis Java Jive yang mengaku untuk menghindari star syndrome, juga ada pemeran film ‘Surat Kecil untuk Tuhan’ Egi John, serta tentunya ada Teuku Wisnu yang merasa terperosok ke lubang hitam keartisan.
Para artis di atas benar-benar telah menarik diri dari dunia keartisan yang glamor dan memutuskan mengambil pilihan ‘hijrah’, sebuah istilah para artis tersebut untuk meninggalkan dunia keartisan dan selebritis menjadi orang yang fokus mendalami ilmu agama.
Para artis tersebut untuk memenuhi kebutuhan kesehariannya paska memutuskan hijrah, mereka memulai kehidupan baru yang jauh dari hingar-bingar dunia keartisan, banyak di antaranya yang membuka bisnis, menjalankan kegiatan sosial, menjadi pemandu acara atau presenter di sebuah talkshow, serta ada juga yang benar-benar menjalankan kegiatan dakwah seperti halnya Teuku Wisnu.
Diketahui dari instagram akun @pengajianmusawarah, bahwa para artis yang menyatakan hijrah dan mendalami ilmu agama tersebut tergabung dalam satu komunitas pengajian yang sama, yaitu komunitas Pengajian Muda Sakinah Mawaddah Warahmah (MuSaWaRah).
Komunitas ini menjadi wadah para selebriti bertukar pikiran, berbagi ilmu, hingga melakukan kegiatan agama bersama ustaz dan ustazah ternama. Kegiatan yang mereka lakukan rutin dan terbuka untuk siapapun yang ingin bergabung. Beberapa foto dari instagram tersebut menampilkan ustadz Abdul Shomad, ustadz Adi Hidayat, dan beberapa ustadz atau ustadzah lainnya.
Fenomena banyaknya artis dan selebritis yang memutuskan pilihan hijrah dari dunia hiburan merupakan fenomena yang layak ditelusuri. Adakah yang bisa dipelajari dari fenomena ini?
« PREV
NEXT »

No comments