BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Monday, July 02, 2018

PEMIMPIN ADALAH CERMINAN RAKYATNYA

Muslimedianews.com ~ Kualitas seorang pemimpin tak bisa lepas dari kualitas masyarakatnya. Dalam sebuah hadits riwayat al-Dailami dijelaskan:

كَمَا تَكُونُوا يُوَلَّى عَلَيْكُمْ (رواه الديلمي)
“Sebagaimana keadaan kalian, demikian terangkat pemimpin kalian.” (disebutkan oleh al-Munawi dalam Faidh al-Qadir, Vol. 5, 47)

Seorang pemimpin juga dipengaruhi oleh kolega dan pendukungnya. Disebutkan dalam Kitab Syadzaraat al-Dzhahab, Vol 1, 226:

وروي أن رجلا قال لعليّ: ما بال خلافة أبي بكر وعمر كانت صافية، وخلافتك أنت وعثمان متكدّرة؟ فقال: إن أبا بكر وعمر، كنت أنا وعثمان من أعوانهما، وكنت أنت وأمثالك من أعواني وأعوان عثمان. شذرات الذهب في أخبار من ذهب (1/ 226)
Ali bin Abi Thalib RA pernah ditanya oleh seseorang, “Mengapa di saat Abu Bakar dan Umar menjabat khalifah kondisinya tertib, namun saat Utsman dan engkau yang menjadi khalifah kondisinya kacau?”

Sayyidina Ali menjawab, “Karena saat Abu Bakar dan Umar menjadi khalifah, mereka didukung oleh orang-orang seperti aku dan Utsman, namun saat Utsman dan aku yang menjadi khalifah, pendukungnya adalah kamu dan orang-orang sepertimu.”

Lebih lanjut, keberadaan pemimpin yang baik bagi sekelompok orang adalah tanda ridha Allah terhadap mereka. Sebaliknya, keberadaan pemimpin jahat bagi sekelompok orang adalah tanda kemurkaan Allah kepada mereka.

Sahabat Ibnu Abbas menyatakan:

إِذَا رَضِيَ اللهُ عَنْ قَوْمٍ ولى أَمْرَهُمْ خِيَارَهُمْ، إذا سَخِطَ اللَّهُ عَلَى قَوْمٍ وَلَّى أَمْرَهُمْ شِرَارَهُمْ. تفسير القرطبي (7/ 85)
“Apabila Allah meridhai suatu kaum maka Dia menjadikan pemimpin-pemimpin mereka orang-orang yang baik di antara mereka. Jika Allah memurkai suatu kaum maka Dia menjadikan pemimpin-pemimpin mereka orang-orang jahat di antara mereka.” (Tafsir al-Qurthubi, Vol. 7, 85)

Wassalam.

Ust. Faris Khairul Anam
« PREV
NEXT »

No comments