BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Thursday, August 09, 2018

Hadits Tentang Menjaga Lisan dan Kemaluan

Muslimedianews.com - MENJAGA LISAN DAN KEMALUAN

بسم الله الرحمن الرحيم

 كتاب الرقاق
 باب حفظ اللسان وقول النبي صلى الله عليه وسلم من كان

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ الْمُقَدَّمِيُّ حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ عَلِيٍّ سَمِعَ أَبَا حَازِمٍ عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ يَضْمَنْ لِي مَا بَيْنَ لَحْيَيْهِ وَمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ أَضْمَنْ لَهُ الْجَنَّةَ.
(رواه البخاري)

Artinya: 
Dari Sahl bin Sa'd (w. 88 H.) dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam beliau bersabda: "Barang siapa dapat menjamin bagiku sesuatu yang berada di antara jenggotnya (mulut) dan di antara kedua kakinya (kemaluan), maka aku akan menjamin baginya surga". HR. Al-Bukhari (w. 256 H.)

Istifadah:
Melalui Hadits ini, Rasulullah SAW menyampaikan kepada kita tentang urgensi menjaga dua hal yang ternyata menjadi jaminan masuk Surga, yakni lisan dan kemaluan. Karena sebagaimana kita ketahui, kedua hal tersebut menjadi media yang rawan dihinggapi oleh perilaku-perilaku tercela dan dosa. Namun sebaliknya, apabila kita mampu menjaga keduanya, balasan yang akan Allah SWT berikan amatlah mulia.

Selain itu, setidaknya ada dua hal umum yang dapat kita fahami dari Hadits ini. Pertama, tentang pentingnya menjaga seluruh anggota badan kita dari hal-hal yang diharamkan. Kedua, Jaminan yang Rasulullah SAW sampaikan merupakan sesuatu yang benar dan pasti terwujud.

[Lembaga Kajian dan Riset Rasionalika Ahlussunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyah (NU) || Darus Sunnah]
« PREV
NEXT »

No comments