BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Sunday, August 26, 2018

Jama'ah Haji Indonesia Digendong Jama'ah Haji dari Suriah

Muslimedianews.com ~ Imam Hambali, jemaah haji asal Nganjuk, Jawa Timur mendadak jadi perbincangan lantaran beredar video dirinya digendong jemaah haji dari Suriah di terowongan Mina. Imam bercerita mengenai apa yang sebenarnya terjadi dalam video tersebut.

Peristiwa itu terjadi pada hari Rabu (21/8) atau 11 Dzulhijah petang di terowongan Mina. Imam saat itu berjalan pulang bersama istrinya, Siti Maemunah dan juga rombongan dari Kloter SUB 59 usai melontar jumrah.

Dalam perjalanan itu, Imam tiba-tiba dihampiri oleh dua orang jemaah haji. Keduanya memperkenalkan diri berasal dari Suriah.

"Saya mendadak dihampiri dua orang jemaah haji, mereka berdua ingin mengangkat kaki saya, tapi saya tidak mau. Karena saya baik-baik saja," ujar Imam dalam perbincangan dengan detikcom di ruang lobi New Al Marwah Hotel, Aziziah, Mekah, Sabtu (25/8/2018).

Karena kendala komunikasi, Imam menolak dengan memberikan isyarat tangan. Dua orang jemaah haji dari Suriah itu pun tak jadi mengangkat Imam.

"Lalu tiba-tiba ada jemaah lainnya yang langsung menggendong saya. Dia memasukkan kepalanya dari bawah selangkangan sini lalu mengangkat saya," ujar Imam.

Pria berusia 60 tahun ini tak bisa berbuat banyak saat sudah berada dalam posisi digendong. Dua orang jemaah haji Suriah lainnya, yang sebelumnya mencoba menggendong Imam, memegangi dari samping agar Imam tidak jatuh. 

Imam digendong kurang lebih sejauh 150 meter. Begitu sudah tiba di ujung terowongan yang menghubungkan ke perkemahan, Imam diturunkan.

Istri Imam, Siti Maemunah mendampingi dari samping. Siti ditemani seorang perempuan yang berasal dari kelompok jemaah haji asal Suriah itu. 

"Sepertinya istri salah satu dari orang Suriah itu," ujar Imam.

Mengapa jemaah Suriah tiba-tiba menggendong Imam? Menurut guru madrasah di Nganjuk ini, itu tak lain karena cara berjalannya. 

Imam mengatakan dia pernah menjalani operasi tulang belakang pada Desember 2017. Usai operasi, cara berjalannya sedikit berubah karena masih memerlukan masa pemulihan.

"Pasti karena cara berjalan saya. Saya pernah dioperasi. Mungkin itu yang membuat mereka iba lalu menggendong saya," ujar Imam.

Dalam Kondisi Sehat

Setelah kejadian itu, video Imam diangkat jemaah haji Suriah tersebut viral di media sosial. Banyak yang mencoba menanyakan kondisi Imam melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Zamzam.

"Banyak yang tanya, karena katanya saya pingsan, saya ambruk dan lain-lain. Padahal tidak. Saya sehat," ujar Imam.

Menurut Imam, aksi gendong itu terjadi karena persoalan komunikasi. Seandainya jemaah haji Suriah itu memahami, Imam dalam kondisi sehat, maka pasti aksi gendong itu tidak terjadi.

"Kalau dari saya kan rasanya dipaksa digendong begitu. Karena bahasa. Dari mereka mungkin karena Iba. Tapi saya tetap mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk para jemaah haji dari Suriah itu," kata Imam.

Pengurus KBIH Zamzam, Izam Karim mengatakan dalam beberapa hari terakhir cukup banyak pesan Whatsapp yang masuk dan menanyakan kondisi Imam. Pihak yang bertanya adalah para jemaah haji tahun-tahun sebelumnya yang hafal atribut KBIH Zamzam yang dikenakan Imam dalam video tersebut.

"Banyak sekali yang bertanya karena informasinya jadi simpang siur. Banyak yang khawatir. Tapi seperti disampaikan Pak Imam, beliau dalam kondisi sehat. Dan saat itu Pak Imam ini berada di tengah-tengah rombongan. Di belakang Pak Imam dan istri masih banyak rombongan lainnya. Masih dalam pemantuan," ujar Izam.  (fjp/jor)

via detik
« PREV
NEXT »

No comments