BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Sunday, August 26, 2018

Kiswah Ka'bah Dulu Berwarna Merah Putih seperti Bendera Indonesia

Muslimedianews.com ~ Pernahkah bertanya kenapa bentuk masjid itu berkubah dan ada menaranya. Ternyata, bentuk masjid dengan kubah tersebut meniru bentuk masjid di Turki Utsmani, yaitu Aya Sofia yang dulunya gereja beraristektur bizantium. 

Gereja Aya Sofia diubah menjadi masjid, kemudian memiliki kembaran yang dibangun oleh sultan pada masa itu. Kembaran Aya Sofia itu bernama Masjid Biru. Kemegahan masjid inilah yang ditiru oleh dunia Islam didalam membangun masjid. 


Pernahkah pula bertanya asal usul Merah Putih yang menjadi warna bendera Indonesia?.

Bukan tidak mungkin warna Merah Putih itu terinspirasi dari warga Kiswah Ka'bah dahulunya ternyata berwarna Merah Putih. 

"Warna Kiswah Baitullah Ka'bah pernah dihiasi dengan warna Merah Putih dalam sejarahnya. Pantas saja ada alasan para habaib kita cinta simbol kebangsaan dan kenegaraan kita dengan warna ini.", tulis Ahmad Baso, penulis buku NU Studies didalam akun facebooknya.

Ulama Indonesia bernama Habib Idrus bin Salim Al Jufri bahkan pernah menyebutkan didalam syairnya bahwa Merah Putih adalah lembang kemulyaan.

"Waramzu izzina al-Hamrau wal Baidlau.. Demikian penegasan almaghfurlah Habib Sayid Idrus bin Salim al Jufri Palu dalam satu syairnya merayakan kemerdekaan Indonesia pada 1945.", lanjutnya.






« PREV
NEXT »

No comments