BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Wednesday, August 15, 2018

Mahfudz MD Tidak Disebut Kader NU, Ternyata Punya SK PBNU, Kok Bisa?

Muslimedianews.com ~ Kok saudara-saudara ramai-ramai geregetan ke PBNU gegara ada pernyataan tentang Pak Mahfud MD? Beliau itu memang tidak pernah ikut pengkaderan NU kok, baik di IPNU maupun GP Ansor. 

Namun meski gitu beliau itu warga NU. Buktinya beliau saat ini (2015-2020) mendapatkan SK sebagai bagian dari Pengurus PBNU, tepatnya di struktur LPBH PBNU. Kalau bukan sebagai warga NU ya nggak mungkin menjadi bagian dari Pengurus Lembaga di lingkungan PBNU.

"Gimana sih? Mbulet NU ini!"

Santai, Son. Begini. Contoh saya, sejak lepas dari Pesantren Sidogiri tahun 1999, saya langsung aktif di Kepengurusan PP IPNU, Pusat lho. Kantornya di Gedung PBNU. 

Padahal saya tidak pernah ikut pengkaderan di IPNU. Saya bisa menjadi Pengurus IPNU hanya berbekal bahwa saya santri, warga NU dan dilegitimasi oleh Kiai. Sesimpel itu screening di NU. Tapi setelah jadi Pengurus, saya ikut pengkaderan lho di internal NU, sedangkan Pak Mahfud MD hingga kini belum. 

Mungkin Pak Mahfud MD merasa cukup setelah dikader langsung oleh Gus Dur .

Namun jika secara ideologi, tradisi, sosial dan budaya berseberangan dengan NU ya gak bakalan bisa menjadi Pengurus di lingkungan NU karena dia memenuhi indikator sebagai "bukan warga NU".

Sejak Muktamar NU 2010 pengkaderan mulai digalakkan dan mengarah kepada formalisasi. Dan terhitung sejak 6 Agustus 2018 Pengurus NU harus mengikuti pengkaderan NU.
Maka, Ojo kesusu!
Muhammad Sulton Fathoni
« PREV
NEXT »

No comments