BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Friday, August 24, 2018

Tim Medis NU Jatim Obati Ratusan Warga Lombok NTB

Muslimedianews.com ~ Hari pertama tim kesehatan PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) Bondowoso, yang bergabung dengan tim relawan kesehatan  PWNU (Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama) Jawa Timur.  Berposko di Universitas Mataram Lombok (NTB).

Mereka sampai saat ini telah berhasil mengobati ratusan masyarakat yang terkena musibah gempa Lombok NTB. Dari pagi sampai pukul 19.30 Wita, pengobatan masih terus berlangsung.

“Alhamdulilah, kami telah berhasil mengobati masyarakat pengungsi sebanyak 372 orang, dan sampai saat ini antrian masyarakat masih terus berlangsung. Tepatnya, kampung Pondok Buah, Desa Batu Kumbung,  Kecamatan Lingsar,” kata dokter Untung, melalui sambungan teleponnya, Kamis (18.30) malam. 

Lanjutnya, kondisi rumah masyarakat sangat memprihatinkan. Pasalnya, banyak yang mengalami retak-retak dan hampir 20 persen atap rumahnya runtuh. 

Hal itu, termasuk kondisi tempat ibadah seperti musola dan Masjid. Sehingga kehadiran tim kemanusiaan dari PCNU Bondowoso dan PWNU Jatim sangat bermanfaat untuk meringankan beban penderitaan masyarakat yang ada di Lombok (NTB).

“Mudah-mudahan hari kedua, Jumat (24/8) tim kemanusiaan mampu mengobati dan memberikan bantuan yang lainnya. Sementara saat ini, selain pengobatan gratis juga difokuskan pada pembangunan musola darurat, MCK dan tenda,” ungkapnya.

Sampai saat ini, pengobatan kepada warga sudah mencapai 372 orang dan masih antrian terus berlanjut. Pengobatan ini sebagian besar masyarakat pengungsi yang berada di tenda yang berada dilapangan maupun di depan rumahnya.

Sebab, lanjut dr. Untung, sampai saat ini sebagian besar masyarakat masih takut tinggal didalam rumahnya. Penyakit yang diderita oleh masyarakat yaitu inveksi saluran pernafasan atas (Ispa), hipertensi dan penyakit kulit lainnya.

“Kami tim kemanusiaan PCNU, PC LKNU dan PWNU Jatim terus berupaya memberikan edukasi kesehatan dan juga pengobatan kepada masyarakat. Walaupun dengan penerangan yang darurat,” pungkasnya.(Darma)

Sumber suara Jatim


« PREV
NEXT »

No comments