BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Tuesday, August 14, 2018

Ulama Ingatkan Agar Umat Jangan Sibuk Mencela Pemimpin

Muslimedianews.com ~ Al Imam Al Habib Abdullah Bin Alawy Al Haddad dalam kitabnya 'Adda'wah Attammah :

و مهما كان الولي مصلحا حسن الرعاية جميل السيرة
كان على الرعية أن يعينوه بالدعاء له و الثناء عليه بالخير

" Jika seorang pemimpin membawa kemaslahatan untuk rakyat, bersungguh-sungguh dalam memberi perhatian kepada mereka , dan mempunyai kinerja yang bagus maka rakyat harus membantunya dengan berdoa untuknya serta memujinya atas kinerja apiknya "

و مهما كان مفسدا مخلطا كان عليهم ان يدعوا له بالصلاح و التوفيق و الاستقامة و ألا يشغلوا ألسنتهم بذمه و الدعاء عليه فإن ذلك يزيد في فساده و اعوجاجه و يعود وبال ذلك عليهم.

Jika ia membawa kerusakan, mencampur aduk antara kebenaran dan kebathilan, maka kewajiban kita - sebagai rakyat - adalah mendoakan semoga Allah segera memperbaiki keadaan pemimpin kita itu, memberi ia petunjuk kepada jalan yang benar, dan memberi ia sifat istiqomah dalam hal-hal yang di ridhoi Allah - dalam kepemimpinannya -. Dan janganlah kita sibuk mencela dan berdoa buruk atas dirinya, karena itu semua malah menambah kerusakan dan kedhalimannya dan kita sendiri yang akan merasakan dampak-dampak buruknya.

قال الفضيل رحمه الله لو كانت لي دعوة مستجابة لم اجعلها إلا للامام . لأن الله إذا اصلح الامام أمن العباد و البلاد. و في بعض الآثار عن الله تعالى أنه قال انا الملك قلوب الملوك بيدي فمن أطاعني جعلتهم عليه نعمة و من عصاني جعلتهم عليه نقمة فلا تشغلوا أنفسكم بسب الملوك و سلوني أعطف قلوبهم عليكم

Berkata Al Imam Fudhail Bin Iyadh - Rahimahullah - : " andai saja aku mempunyai satu doa yang pasti dikabulkan Allah, maka aku akan berdoa - yang baik-baik - untuk pemimpinku, karena jika Pemimpin kita baik, maka negara akan aman dan masyarakat tentram. Allah berfirman dalam sebagian hadits qudsi :

" Aku adalah Maha Raja. Hati para raja ada pada kekuasaanKu. Maka barang siapa yang taat padaku, akan aku jadikan mereka (para raja/pemimpin) nikmat baginya, dan barang siapa yang melanggar perintah-Ku akan aku jadikan mereka sebagai musibah atas dirinya. Maka janganlah kalian sibuk mencela dan mencaci maki pemimpin-pemimpin kalian, akan tetapi memintalah padaku, maka akan aku lembutkan hati mereka untuk kalian. "

Gus Muhammad Ismael Al Kholilie 
« PREV
NEXT »

No comments