BREAKING NEWS
latest

728x90

468x60

Tuesday, December 04, 2018

Masyarakat Jonggrangan Klaten Sukses Gelar Maulid Akbar

Muslimedia Klaten~ Masyarakat Jonggarangan, Klaten Utara, enggan kalah dengan masyarakat muslim lain dalam memperingati maulid Nabi Muhammad SAW. Bertempat di Masjid Al Qowiyyu, masyarakat bersama-sama bersholawat bersama Hadroh Al Husna. Ratusan orang berkumpul di halaman masjid melafalkan maulid Al Barzanzi bersama-sama.

Setelah doa dan tahlil, acara dilanjutkan dengan pengajian yang diisi oleh KH Arkhanudin. Salah satu mubaligh kondang asal Klaten ini mengawali tausiahnya dengan menjelaskan keturunan Nabi Muhammad Saw. Penjelaskan kemudian dilanjutkan dengan memaparkan landasan hukum perayaan maulid nabi, salah satunya terkait alasan Rosululloh Saw menjalankan puasa di hari Senin.

“Nabi berpuasa di hari Senin untuk memperingati hari kelahirannya” jelas KH Arkhanudin.

Di hadapan jamaah, beliau juga memaparkan tentang keutamaan orang-orang yang bisa menjaga hati.
“Orang-orang yang terbaik di sisi Alloh Swt ialah orang-orang yang memiliki hati yang bersih, tunduk kepada Allah dan Rosul-Nya, tidak memiliki rasa dendam” ungkapnya menjelaskan sebuah hadis dengan bahasa Jawa yang khas.

KH Arkhanudin juga menjelaskan ciri orang yang memiliki hati bersih.

“Cirinya hati yang bersih adalah senang dengan kebaikan dan berhati-hati dengan fitnah dunia” lanjutnya.

Beliau juga menjelaskan tentang ciri hati yang kotor. Ciri dimaksud antara lain senang dengan kemaksiatan, terpikat dengan kenikmatan dunia. Penjelasan tersebut kemudian mengajak jamaah untuk menjaga hati dari berbagai penyakit hati.

Kontributor: Pekik
NEXT »

No comments